-->

Unordered List

dulmyid

Sikut Hitam Emang Ganggu Penampilan, Ini Solusinya !

Sikut Hitam Emang Ganggu Penampilan, Ini Solusinya !
Share

 


 

Ketika kita fokus untuk mencerahkan kulit dan wajah, kita lupa merawat sikut atau lutut yang hitam, padahal sikut dan lutut yang cerah dan mulus merupakan poin penting dalam menunjang penampilan. Saat mengenakan baju lengan pendek atau tanpa lengan membuat area bagian sikut menjadi menonjol. Jadi kalau sikut nya menghitam tentu sangat mengganggu penampilan.

Banyak faktor penyebab sikut menghitam, antara lain :

Ketebalan Kulit
Area siku dan lutut cenderung memiliki kulit yang lebih tebal dibanding area sekitarnya. Seperti dilansir dari laman healthline, semakin tebal lapisan kulit, semakin tebal pula melanin atau yang lebih dikenal sebagai pigmen kulit. Hal inilah yang membuat kulit siku dan lutut tampak lebih kusam.

Kulit Kering
Area siku dan lutut juga biasanya memiliki kelenjar minyak dengan kandungan minyak yang lebih sedikit dari area lainnya. Itulah mengapa lutut dan siku mudah kering.

Lipatan
Siku dan lutut juga merupakan bagian tubuh yang paling banyak lipatan. Di kedua bagian tubuh ini jarang terjadi pengelupasan, sehingga sel-sel kulit mati akan semakin menumpuk di bagian tersebut.

Gesekan
Saat melakukan aktivitas sehari-hari, tanpa sadar, kulit dan siku sering mengalami gesekan. Hal ini bisa menyebabkan kulit di dua area tersebut menjadi kering dan menjadi gelap.

Selain dengan lebih merawat entah dengan lotion atau pelembab, garudapost juga punya tips lain untuk membantu mencerahkan dan menghaluskan sikut atau lutut hitam.

 

Lidah Buaya

Tidak hanya manjur untuk perawatan rambut rusak, lidah buaya juga memberikan manfaat yang luar biasa untuk kulit kering.

Caranya, belah lidah buaya menjadi dua bagian. Ambil gel yang terkandung dalam lidah buaya lalu oleskan pada kulit siku ataupun lulut.

Lidah buaya digunakan sebagai pelembab alami untuk membantu mengurangi area gelap pada kulit jika digunakan secara rutin.

Minyak Kelapa Dan Minyak Zaitun

Satu yang perlu kamu ketahui, tidak semua minyak dapat dioleskan ke kulit dengan tujuan melembabkan kulit kering.

Hanya beberapa jenis minyak yang memiliki khasiat dapat mencerahkan kulit, contohnya minyak kelapa dan minyak zaitun. Setelah mandi, anda bisa mengoleskan secara merata minyak pada daerah yang memiliki warna gelap pada kulit.

 

Kunyit

Kunyit sering digunakan untuk penguat rasa masakan. Namun, rempah satu ini memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kunyit efektif untuk mengurangi kemunculan garis halus dan kerutan serta mengurangi kemunculan bintik hitam pada kulit. Jadi, kamu dapat menggunakan bahan ini untuk mencerahkan area lutut dan siku yang menghitam.

 

Kentang

Kandungan catecholase yaitu enzim pencerah kulit dalam kentang dapat membantu mencerahkan siku hitam. Caranya, anda cukup mengiris tipis kentang yang telah dikupas dan dicuci bersih.kemudian, oleskan di siku atau lutut. Biarkan ekstrak kentang berada di siku selama kurang lebih 20-30 menit sebelum membilasnya. Cara ini bisa dilakukan setiap hari sampai kulit cerah kembali.

 

Soda Kue

Scrub pun bisa dibuat menggunakan soda kue. Caranya dengan mencampurkan soda kue menggunakan air, jangan terlalu encer, biarkan sedikit mengental.

Oleskan pada kulit tangan, siku, maupun kulit kaki termasuk lutut yang hitam. Scrub dari soda kue ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati di kulit tangan maupun kulit wajah.


Penulis : Augesti

Iklan Atas Artikel

dulmyid

Iklan Tengah Artikel 1

dulmyid

Iklan Tengah Artikel 2

dulmyid

Iklan Bawah Artikel

dulmyid