Iklan

23 Feb 2021, Februari 23, 2021 WIB
Last Updated 2021-02-23T04:52:42Z
Kesehatan

Jangan Sering Lewatkan Sarapan Pagi! Penting untuk Otak




Sarapan pagi kadang terlupakan bagi sebagian orang. Padahal sangat penting untuk dilakukan agar tubuh tidak lemas. Selalu alasan tidak sarapan, karena kesibukan atau kondisi lain sehingga hal itu terabaikan dan akhirnya menjadi kebiasaan dalam aktivitas sehari-hari.



Padahal, sarapan yang bernutrisi bisa menyuplai energi bagi tubuh dan otak untuk tetap aktif melakukan kegiatan termasuk bekerja dari rumah. Apalagi jika hal itu ditambah dengan aktivitas olahraga secara rutin.



“Di pagi hari, bahan bakar tubuh hampir kosong. Saat kita makan makanan yang tepat untuk sarapan, sama halnya memberi bahan bakar yang dibutuhkan otot dan otak untuk kinerja optimal,” kata Senior Director and Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi, dalam webinar edukasi nutrisi Pekan Sarapan Nasional (PESAN) 2021 yang digagas pemerintah sejak 2013.



Dia dijelaskannya, berbagai penelitian dan publikasi kesehatan menunjukkan daya tahan  dan kemampuan tubuh untuk melakukan pekerjaan dengan produktivitas yang memadai akan dimiliki individu dengan nutrisi yang baik.  “Namun, sayangnya kesibukan masyarakat modern saat ini sering menjadi hambatan untuk sarapan di pagi hari,” lanjutnya.



Departemen Kesehatan (2013) juga merilis bahwa sarapan sehat harus terdiri dari sumber karbohidrat (60-68%), protein (12-15%), lemak (15-25%) dan mengandung vitamin dan mineral. Sarapan yang sehat menyumbang 25% dari kebutuhan nutrisi harian. 



“Sarapan yang sehat bisa menciptakan komunitas masyarakat yang sehat dan bugar. Sedangkan olahraga semakin melengkapi kebutuhan tubuh untuk bugar dan aktif bergerak di dalam rumah tanpa harus khawatir berpergian ke luar,” sambungnya.



"Sarapan dengan campuran nutrisi yang  benar akan membuat seseorang siap melakukan aktivitas seharian penuh," imbuhnya.



Selain itu, dalam kegiatan Special Nutrition Training dan Healthy Active Lifestyle (HAL) PESAN 2021 yang diikuti sekitar 15 ribu peserta, diisi juga dengan kegiatan edukasi nutrisi bersama Rimbawan, Ph.D selaku Dewan Penasehat Nutrisi Herbalife Nutrition Indonesia. Dilanjutkan dengan kegiatan yoga bersama melalui berbagai platform online seperti YouTube live, Facebook live dan webinar.


Manfaat Sarapan Pagi Bagi Tubuh


Berikut ini merupakan manfaat Sarapan Pagi Bagi Tubuh : 


1. Memberi Sumber Energi Pertama


Setiap orang harus memulai hari dengan cukup energi sebagai modal untuk memulai aktivitas, di mana pagi hari adalah start awal. Energi yang kita butuhkan tentunya berasal dari makanan apalagi setelah berjam-jam tidak ada asupan sama sekali. Oleh karena itu, sarapan pagi juga harus dengan menu sarapan sehat, seperti telur, ikan, ayam, nasi, roti, sereal atau oatmeal, dan buah-buahan.



2. Menekan Makan Berlebih 


Orang yang sering melewatkan sarapan pagi cenderung cepat merasa lapar, sehingga akan makan dengan porsi yang banyak ketika bertemu dengan makanan. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan berat badan cepat naik. Berbeda dengan ketika seseorang yang sudah sarapan di pagi hari, karena ia akan mendapatkan kestabilan metabolisme dan cenderung untuk tidak mengonsumsi banyak kalori selama sepanjang hari.



3. Mencegah Naiknya Berat Badan Lebih 


Jika seseorang sudah sarapan, maka besar kemungkinan ia tidak suka mengemil junk food secara berlebihan seperti permen dan soda sehingga mengurangi jumlah lemak perut dan mencegah kenaikan berat badan. Energi akan digunakan untuk aktivitas harian didapatkan dari sarapan pagi sehingga penumpukan lemak akibat energi yang tidak digunakan dapat diminimalkan.



4. Meningkatkan Kerja Otak


Salah satu manfaat sarapan pagi yang tidak kalah pentingnya yaitu, dapat meningkatkan keterampilan kognitif otak, dari peningkatan memori untuk konsentrasi yang lebih tinggi bahkan meningkatkan kewaspadaan. Karena otak kita membutuhkan glukosa dari makanan - karbohidrat sangat baik - untuk bekerja dengan baik. Tidak sarapan pagi berarti energi otak akan berkurang, sehingga fungsinya dapat menurun. Oleh karena itu sarapan sangat penting.



5. Mencegah Penyakit Maag


Sarapan pagi bermanfaat mencegah sakit maag dan kambuhnya sakit maag bagi mereka yang memang sudah memiliki penyakit ini. Karena sarapan akan membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung apalagi setelah lama lambung tak terisi makanan.


Begitu sebaliknya bagi yang melewatkan sarapan pagi, maka lambung terlalu lama kosong dapat mengakibatkan rasa perih di lambung dan berpotensi menyebabkan sakit maag.



6. Mencegah Diabetes


Studi Kevin C Maki (2016) mengatakan, bahwa orang yang sarapan dengan konsumsi makanan yang tinggi serat seperti gandum dan sayur buah memiliki angka kejadian diabetes tipe 2 lebih rendah dibandingkan seseorang yang tidak sarapan. Hal ini karena orang yang tidak sarapan pagi akan lebih resisten terhadap insulin. Resistensi insulin meningkatkan risiko terkena diabetes. Lebih lanjut silakan baca: Cara Mencegah Diabetes


Karena begitu banyak dan pentingnya manfaat sarapan pagi untuk kesehatan tubuh, maka dari itu jangan lewatkan sarapan pagi dengan makanan sehat setiap hari.