Iklan

22 Feb 2021, Februari 22, 2021 WIB
Last Updated 2021-02-21T23:15:18Z
Daerah

3 Titik Panas Terpantau di Sumut

Medan - Balai Besar Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan mencatat 13 titik panas terpantau melalui sensor modis (Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20) tersebar di enam kabupaten di Sumut. 


Gambar oleh Ylvers dari Pixabay




Pelaksana tugas (plt) Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Eridawati mengatakan, sebaran titik panas terpantau di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Humbang Hasundutan (Humbahas), Tapanuli Selatan, Tanah Karo, Samosir dan Kota Sibolga.



"Ada 4 titik panas di Kecamatan Muara Batang Gadis, Madina, 2 titik panas di Kecamatan Humbahas, 2 titik panas di Batang Angkola, Tapanuli Selatan, di Kabupaten Karo tiga titik panas yang berada di Kecamatan Juhar, Kutabuluh dan Mardinding," kata Eridawati, Minggu (21/2/2021).



Eridawati menambahkan, satu titik panas juga teepantau di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dan Kecamatan Kolang di Sibolga. Titik panas itu disebutkan perlu untuk diwaspadai mengingat daerah ini sedang memasuki musim kemarau.



"Kita mengingatkan kepada semua pihak termasuk masyarakat supaya mengantisipasi adanya kebakaran hutan. Selama musim kemarau nanti, diharapkan masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan. Sehingga, pembakaran lahan tidak mengakibatkan kebakaran hutan," sebutnya.