Pangdam : Pembakar Pesawat MAF KKB Kelompok Sabinus Wake - garudapost.id

Mobile Menu

Top Ads

yX Media - Monetize your website traffic with us

More News

logoblog

Pangdam : Pembakar Pesawat MAF KKB Kelompok Sabinus Wake

9 Jan 2021

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Sabinus Waker diduga sebagai pelaku pembakaran terhadap pesawat milik Mission Aviation Fellowship (MAF) bernomor registrasi PK-MAX, di Kampung Pagamba, Intan Jaya, Papua pada 6 Januari 2021 lalu.


Anggota KKB Papua. (Foto: Puspen TNI)


"Kelompok itulah yang melakukan pembakaran terhadap pesawat milik MAF yang dilakukan sesaat setelah menurunkan dua orang penumpang," kata Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Sabtu, 9 Januari 2021.


Aksi pembakaran tersebut dinilai sangat brutal, karena selama ini , maskapai tersebut cukup membantu masyarakat dengan mengangkut warga, berikut logistiknya.


Pada saat kejadian, memang tidak ada aparat yang berjaga di wilayah tersebut karena prajurit TNI, tengah berada di daerah Sugapa.


"Namun bila dibutuhkan, prajurit TNI siap dikerahkan karena aparat yang bertugas di wilayah itu bersiaga,"  tegas Pangdam.


Terkait pembakaran ini, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal sebelumnya menyebutkan, insiden pembakaran itu terjadi sekitar pukul 09.00 WIT. 


Pesawat MAF nomor registrasi PK-MAX dengan pilot atas nama Alex Luferchek, berkewarganegaraan Amerika, berangkat dari Bandara Nabire, membawa dua penumpang masyarakat. 


Pesawat tersebut berangkat dengan tujuan Pagamba (Bandara perintis milik MAF) Distrik Biandoga Kabupaten Intan Jaya.


Pada pukul 09.30 WIT, Pilot Pesawat MAF PK-MAX via Radio , melaporkan ke kantor MAF bahwa pesawat telah mendarat tiba di Bandara Pagamba dengan baik. Selanjutnya pilot disuruh turun dari Pesawat. 


Selanjutnya kata Kamal, datang seseorang yang diduga dari Kelompok Kriminal Bersenjata, dan melepaskan tembakan ke Udara sambil menyuruh pilot untuk merunduk. 


Atas kejadian tersebut, pilot diamankan oleh para pendeta dan masyarakat ke Kampung Tekai perbatasan, antara Kampung Bugalaga dan Kampung Pagamba Distrik Mbiandoga Kabupaten Intan Jaya. Kemudian pesawat tersebut dibakar oleh kelompok kriminal bersenjata. (ant)