Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Optimalkan Penggunaan Teknologi, Kompetisi Antarsiswa Tetap Dapat Dilaksanakan di Tengah Pandemi


Tangerang - Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tetap dapat melaksanakan kompetisi antarsiswa maupun antarmahasiswa.

 

Upaya yang dilakukan oleh Puspresnas Kemendikbud agar kompetisi dapat tetap berjalan adalah mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).


Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi mengatakan kompetisi antarsiswa dan antarmahasiswa secara daring sejauh ini dapat berjalan lancar. Sejumlah kendala yang dihadapi dapat diatasi sehingga sampai hari ini semua kompetisi berjalan sesuai jadwal. 


"Para siswa antusias mengikuti kompetisi walaupun secara daring, semoga semua kompetisi yang kita laksanakan berjalan baik," kata Asep Sukmayadi ketika membuka Penilaian Babak Penyisihan KOSN Pendidikan Dasar secara daring, di Hotel Grand Soll Marina Tangerang, Selasa 10 Nopember 2020.


Asep Sukmayadi mengapresiasi seluruh panitia kompetisi yang telah menyiapkan sistem daring dan melaksanakan kompetisi dengan baik. Begitu juga dinas pendidikan dan orang tua siswa berperan penting mendukung terselenggaranya setiap kompetisi yang dilaksanakan oleh Puspresnas.


Puspresnas Kemendikbud tahun ini melaksanakan berbagai kompetisi di semua jenjang pendidikan. Pada jenjang pendidikan dasar dilaksanakan sejumlah kompetisi seperti Kompetisi Sains Nasional (KSN), Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Gala Siswa Indonesia (GSI) untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) juga dilaksanakan secara daring.


Pada jenjang pendidikan menengah, KSN, KOSN, FLS2N juga dilaksanakan. Selain itu terdapat juga Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) dan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI). Untuk siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) terdapat juga Lomba Kompetensi Siswa (LKS). 


Begitu juga pada pendidikan khusus dan pendidikan tinggi, berbagai kompetisi dilaksanakan sebagai wadah berkompetisi bagi seluruh siswa dan mahasiswa.


Tujuan kompetisi-kompetisi yang dilaksanakan Puspresnas antara lain untuk menumbuhkembangkan bakat dan minat siswa/mahasiswa berbasis penguatan karakter. 


Selain itu kompetisi-kompetisi tersebut juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air, serta menjalin solidaritas dan persahabatan antarsiswa dan antarmahasiswa di seluruh Indonesia.