Konektivitas Dibangun Pemerintah untuk Dukung Ekonomi Digital - garudapost.id

Mobile Menu

Top Ads

yX Media - Monetize your website traffic with us

More News

logoblog

Konektivitas Dibangun Pemerintah untuk Dukung Ekonomi Digital

6 Nov 2020



Jakarta - Perkembangan atau penggunaan ekonomi digital dalam 5 tahun terakhir kalah pesat dibandingkan dengan peningkatan yang terjadi dalam 6 bulan atau 8 bulan terakhir sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Sehingga meskipun nanti apabila vaksinasi dapat membantu memulihkan perekonomian, namun pengaruh dari digital  ekonomi akan sangat dekat sebagaimana sejumlah survei yang telah membuktikan bagaimana aktivitas ekonomi digital mengubah perilaku masyarakat.


Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara dalam Keynote Speech pada Indonesia Economic Forum - HSBC Indonesia Virtual Forum: Growth Prospects for Indonesia’s Digital Economy Post Covid-19 dengan peserta CEO, CFOs, nasabah Corporate Banking dan Mitra Indonesia Economic Forum yang dilakukan secara video conference pada Kamis 5 Nopember 2020.


“Jadi sangat penting bahwa di masa depan ini tentang satu hal adalah tentang konektivitas. Mengenai konektivitas internet, konektivitas virtual dan konektivitas data serta gadget akan menjadi sangat penting, data internet sangat penting. Oleh karena itu, pemerintah memikirkan untuk memberikan subsidi data internet untuk mendukung pelajar, siswa, mahasiswa dan juga birokrasi untuk bekerja dari rumah,” ungkap Wamenkeu.


Wamenkeu menambahkan bahwa pemerintah memang memiliki kebijakan subsidi data internet dalam program pemulihan ekonomi nasional dan juga menyediakan internet di banyak tempat umum harapannya untuk Indonesia yang lebih baik ke depannya dimana untuk transformasi digital yaitu percepatan akses dan peningkatan infrastruktur digital menjadi kebutuhan yang mendesak.


“Oleh karena itu, pada tahun 2021, anggaran kita akan mengalokasikan dana yang cukup besar untuk dukungan TIK kita dan anggaran TIK tidak hanya satu kementerian, melainkan disebarkan melalui beberapa kementerian yang sangat penting. Saya ingin menekankan bahwa ekonomi digital, transformasi digital adalah jalan ke depan dan dalam beberapa hal, transformasi digital adalah agen perubahan. Ini akan mengubah Indonesia,” jelasnya.


Pada saat yang bersamaan, transformasi digital juga harus diringi dengan peningkatan keamanan transaksi digital. Ini adalah bidang-bidang yang menurut Wamenkeu sangat penting untuk ditangani dan Wamenkeu mengapreasi Forum Ekonomi Indonesia sangat peduli sehingga mengangkat topik ekonomi digital di Indonesia. Aktivitas ekonomi digital juga akan banyak berkembang karena sudah menjadi bagian dari cara hidup dan cara menjalankan bisnis. 


“Kami di pemerintahan akan melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa cara hidup yang baru akan memberikan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia, bersama dengan reformasi struktural yang kami perkenalkan Saya juga sangat berharap transformasi digital akan terus berlanjut dan dapatmenjadi bagian dari Indonesia yang lebih baik dan lebih sejahtera di masa depan,” pungkas Wamenkeu.