Advertisement

Monetize your website traffic with yX Media
Nasional

Jokowi Tetapkan Kapolri Pertama Jenderal Pol. R.S Soekanto Jadi Pahlawan Nasional

10 Nov 2020, November 10, 2020 WAT
Last Updated 2020-11-10T09:05:27Z




Jakarta-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh. Salah satunya adalah Jenderal Pol Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, yang merupakan Kapolri pertama.


Mabes Polri mengatakan Jenderal R.S. Soekanto dengan gagasannya membentuk struktur serta watak dasar Polri.


"Polri beserta keluarga besar merasa bangga akan dianugerahinya Jenderal Pol. R.S. Soekanto menjadi Pahlawan Nasional. Jenderal Pol. R.S. Soekanto Tjokrodiatmodjo, Bapak Kepolisian Negara RI, sebagai peletak dasar struktur, watak, falsafah Kepolisian Negara Republik Indonesia," ungkap Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, melalui keterangan tertulis, Selasa 10 Nopember 2020.


"Pemikiran dan tindakan R.S. Soekanto dalam meletakkan fundamen struktur, watak, falsafah sebagai bangunan Kepolisian Nasional yang dibutuhkan bagi sebuah negara merdeka dan berdaulat di tengah ancaman terhadap integritas RI di masa revolusi, perang, dan pergolakan internal dalam negeri merupakan remembered history," sambung Kadiv Humas Polri.


Irjen Pol. Argo Yuwono menuturkan Jenderal Pol R.S. Soekanto memang bagian dari perjalanan sejarah bangsa bangsa. Keberadaannya semasa hidup, lanjut Argo, terlihat dari keaktifan R.S. Soekanto berdialog dengan lingkungan sekitar.


"Kehadirannya telah membawa warna dan pengaruh yang harus diingat dan dicatat sebagai bagian dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Keberadaan sosok R.S. Soekanto sebagai tokoh bangsa ini tampak jelas dari pergumulannya dengan lingkungan diri dan dialognya dengan sejarah," jelas Jenderal Bintang Dua itu.


Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 117 TK Tahun 2020 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional. Upacara peganugerahan digelar di Istana Negara dan disiarkan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden tadi pagi.


Berikut keenam tokoh tersebut:


1. Alm Sultan Baabulah - Tokoh dari Provinsi Maluku Utara

2. Alm Machmud Singgirei Rumagesan Raja Sekar - Tokoh dari Provinsi Papua Barat

3. Alm Jenderal Polisi Purnawirawan Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo - Tokoh dari Provinsi            DKI   Jakarta

4. Alm Arnold Mononutu - Tokoh dari Provinsi Sulawesi Utara

5. Alm Mr Sultan Muhammad Amin Nasution - Tokoh dari Provinsi Sumatera Utara

6. Alm Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen bin Adi - Tokoh dari Provinsi Jambi.

TrendingMore