Iklan

yX Media - Monetize your website traffic with us
6 Nov 2020, November 06, 2020 WIB
Last Updated 2020-11-06T10:08:37Z
Kesehatan

Ini Cara kenali Obat Kumur Untuk Bantu Melindungi Mulut dari Sariawan



Obat kumur bisa dimanfaatkan untuk membantu melindungi dan menjaga kesehatan mulut dari sariawan, di samping menyikat gigi dan mengatur pola makan. 


Meski begitu, Anda perlu mengetahui produk obat kumur seperti apa yang bisa digunakan untuk melindungi dan menjaga kesehatan mulut dari sariawan.


Rasa perih dan nyeri akibat sariawan bisa sangat menjengkelkan. Selain mengganggu makan dan minum, sariawan juga kerap kali membuat bicara jadi tidak nyaman. Oleh karena itu, lakukan langkah pencegahan agar sariawan tidak muncul.


Cara Melindungi dan Menjaga Kesehatan Mulut dari Sariawan

Berikut ini adalah beberapa cara untuk melindungi dan menjaga kesehatan mulut dari sariawan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:


1. Sikat gigi secara rutin


Menyikat gigi minimal 2 kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, termasuk melindungi dan menjaga kesehatan mulut dari sariawan. Gunakan juga sikat gigi berbulu lembut untuk mengurangi risiko mulut atau gusi terluka saat menyikat gigi.


2. Atur pola makan


Sebisa mungkin hindari makanan yang terlalu asam, pedas, atau panas karena dapat mengiritasi mulut sehingga memicu terbentuknya sariawan. Selain itu, kurangi konsumsi gula, baik dalam makanan maupun minuman, karena gula yang menempel di mulut dapat dipecah oleh bakteri dan menghasilkan asam yang bisa menimbulkan iritasi sehingga memicu sariawan.


Biasakan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dari beragam jenis lauk pauk, sayuran, serta buah-buahan yang tidak mengandung asam. Contohnya adalah daging, ikan, bayam, keju, dan susu.


3. Berhati-hati saat makan


Hindari kebiasaan makan terburu-buru atau makan sambil berbicara karena dapat membuat bibir, lidah, atau bagian dalam mulut tergigit. Luka akibat tergigit ini, walaupun ukurannya kecil, dapat memicu munculnya sariawan.


Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati saat makan makanan yang bertekstur kasar atau berduri, karena makanan seperti ini juga bisa melukai gusi, lidah, dan bagian dalam mulut.


4. Gunakan obat kumur


Menggunakan obat kumur dapat membersihkan dan menjaga kesehatan gigi dan mulut secara maksimal. Keadaan mulut yang bersih dan sehat tentu dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit mulut, termasuk sariawan. Namun, pilihlah obat kumur yang kandungannya sesuai dan tidak membuat mulut kering.



Sumber: Download Aplikasi Diabetes Jantung Kesehatan Mulut Kolesterol Tinggi Diet Kecantikan Kulit Kehamilan Bayi Mata Image Kesehatan Kenali Manfaat Obat Kumur untuk Bantu Melindungi Mulut dari Sariawan