Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Dunia Berduka Mendengar Berita Kematian Gli, Kucing Ikonik Hagia Shopia

 Dunia Berduka Mendengar Berita Kematian Gli, Kucing Ikonik Hagia Shopia


 




Nama Gli, kucing penghuni Hagia Sophia di Instanbul, Turki sudah dikenal di seluruh dunia. Hampir setiap wisatawan yang berkunjung ke Hagia Sophia mencari tahu di manakah kucing belang berwarna abu-abu itu untuk memotret atau berfoto bersama. Namun sayang kini kucing betina berbadan tambul itu kini telah tiada di usia 16 tahun. Sebelum tutup usia, Gli yang bernama asli Gri (dari kata Gray) tersebut ternyata sudah dirawat di klinik hewan swasta Istanbul  sejak 24 September 2020 lalu. Namun karena usianya yang sudah tidak muda lagi, kondisi Gli rupanya kian memburuk.


Berita duka tersebut disampaikan di akun instagram resmi Gli @hagiasophiacat.


“Saya lahir di Hagia Sophia, Jantung Dunia. Aku baru saja mengucapkan selamat tinggal pada kehidupan ini dimana aku bertemu jutaan orang yang datang ke Jantung Dunia dengan cinta dan cermin pada cahaya cinta. Terima kasih kepada semua orang yang memiliki jejak kaki saya di hati mereka.”


Bahkan artis Indonesia @ayushita juga turut berkomentar atas berita kematian Gli


 


“beberapa bulan lalu, aku berharap bisa pergi kesana dan bertemu kucing paling cantik di seluruh dunia. Istirahat dalam cinta yang tersayang”


 


Gli sendiri diketahui lahir pada tahun 2004 di Istanbul, Turki. Hewan menggemaskan ini merupakan jenis Europe Short Hair dengan mata berwarna kehijauan. Gli sudah berada di sana sejak bangunan tersebut masih menjadi museum. Kendati Hagia Sophia sudah beralih fungsi menjadi masjid, Gli tetap ada di sana. Bangunan bersejarah itu selalu menjadi rumahnya. Selama beberapa tahun terakhir, Hagia Sophia memang menjadi rumah bagi Gli.


Nama Gli kian terkenal saat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengelusnya saat berkunjung ke Hagia Sophia.


 


Kini, Berita kucing penjaga Hagia Sophia yang telah tiada ini membuat banyak orang merasa kehilangan meski belum pernah berjumpa dengan makhluk menggemaskan itu. Namun Gli akan selalu dikenang dan tidak akan pernah dilupakan di seluruh dunia.