Advertisement

Monetize your website traffic with yX Media
Ekonomi

Ajak Masyarakat Hadiri Harkonas Virtual Expo 2020, Mendag: Ayo Cerdas Bertransaksi Online!

10 Nov 2020, November 10, 2020 WAT
Last Updated 2020-11-10T04:28:47Z

 


Jakarta – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengajak masyarakat Indonesia mengunjungi gelaran Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Virtual Expo 2020 yang mengusung tema “Cerdas Bertransaksi Online”. 


Mendag Agus mengungkapkan, gelaran ini merupakan inovasi pemanfaatan teknologi Kementerian Perdagangan guna menyiasati situasi pandemi Covid-19 agar tetap dapat melanjutkan rangkaian peringatan Harkonas yang telah berlangsung sejak awal tahun 2020. Gelaran virtual ini berlangsung pada 6 November—31 Desember 2020 dan dapat diakses mealui laman harkonas2020.kemendag.go.id.


“Teknologi informasi telah memberikan ruang kreativitas bagi Kemendag untuk tetap memperingati Harkonas 2020 secara daring. Melalui pameran virtual ini, Kemendag berupaya memberikan pemahaman hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bertransaksi, khususnya secara daring, seperti meneliti karakter pelaku usaha melihat spesifikasi barang atau jasa yang dibeli, dan memastikan pelaku usaha memiliki saluran pengaduan konsumen,” jelas Mendag Agus,  Selasa, 10 Nopember 2020.


Mendag Agus menjelaskan, Harkonas Virtual Expo menggunakan spesifikasi animasi gerakan menggunakan visual 360 sehingga pengunjung dapat menjelajah ke setiap sudut ruangan. Gelaran yang diikuti 37 peserta dari instansi/perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, lokapasar (marketplace), ritel, perhotelan, transportasi, dan lainnya. 


Para peserta tersebut akan menampilkan stan virtual yang menyajikan informasi dengan tema cerdas bertransaksi daring yang dilengkapi dengan kuis-kuis berhadiah yang menarik. Selain itu, pameran virtual ini juga menghadirkan ‘Lorong Edukasi’ yang berisikan delapan tema edukasi konsumen, yaitu “Teliti Sebelum Membeli”, “Pilih Produk Ber-SNI”, “Aku, Kamu, Kita Konsumen Cerdas”, “Cek Tanggal Kadaluarsa”, “Cegah Kecurangan, Bangun Kepercayaan”, “Timbangan Aja Butuh Kepastian Masa Kamu Nggak”, “Jika Berhasil Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri Kelak Produk Indonesia akan Berjaya”, serta “Berakar Legal, Berbatang Tertib Ukur, Berbuah Perlindungan Konsumen”. 


Keikutsertaan masyarakat luas dalam Harkonas Virtual Expo ini, diharapkan mampu mendorong upaya perlindungan dan pemberdayaan konsumen.


“Kemendag menyadari peran masyarakat cukup besar bagi pembangunan ekonomi. Untuk itu, perlu diimbangi dengan upaya perlindungan konsumen, sehingga masyarakat percaya setiap transaksi yang dilakukan terjamin keamanannya. Apalagi, di masa pandemi Covid-19 ini perdagangan melalui sistem elektronik banyak menjadi pilihan,” ujar Mendag Agus. 


Rangkaian peringatan Harkonas 2020 sebelumnya telah diisi dengan kegiatan donor darah sebagai bentuk kepedulian konsumen peduli sesama, lomba menggambar tingkat SD dengan tema “Anak Indonesia Pintar Bertransaksi”, dan lomba vlog bagi para remaja dan muda-mudi dengan tema “Cerdas Bertransaksi”. 


Adapun rangkaian kegiatan virtual telah dimulai dengan berbagai seminar daring dan berbagai acara virtual seperti Harkonas Virtual Run and Ride pada 24 Oktober—6 November 2020, Harkonas Virtual Expo pada 6 November—31 Desember 2020, dan puncak peringatan Harkonas 2020 pada 12 November 2020. Seluruhnya akan dilakukan secara virtual dengan melibatkan masyarakat Indonesia.


TrendingMore