Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Trik Saat Berhadapan Dengan Perampok

 

Kita tidak bisa memprediksikan kapan kita aman atau tidak. Ancaman bisa mengintai kapan dan dimana saja. Terutama bagi kita yang sering bepergian sendiri, sangat besar kemungkinan menghadapi tindak kejahatan.

Kebutuhan ekonomi menjadi alasan terbesar para pelaku melakukan tindakan kriminal seperti perampokan. Ada Banyak cara untuk menghindari perampokan. Salah satunya dengan tidak menampakkan barang berharga yang mencolok di tempat umum. Tidak ada akibat jika tanpa sebab. Terkadang diri kita sendirilah yang memancing orang berbuat jahat. Lebih baik menghindari sebelum sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Namun bagaimana jika kita sudah berhadapan dengan perampok? Apa yang harus dilakukan?

Berikut tips dari Garudapost dalam menghadapi situasi darurat tersebut :

1.Jangan panik

Saat berhadapan dengan perampok, jangan panik. Kepanikan akan membuatmu semakin takut dan tidak tau harus berbuat apa. Berpikirlah secara jernih untuk menghadapinya. Dengan berpikir jernih kamu akan lebih bijak dalam mengambil tindakan.

2.Coba beri pengertian kepada pelaku

Walaupun perampok berbahaya, tapi mereka juga manusia. Setiap manusia pasti mempunyai sisi baik. Coba beri pengertian kepadanya. Katakan kondisi mu dengan wajah memelas yang menganggap bahwa barang yang akan diambil merupakan barang yang sangat berharga dan hanya itu yang dimiliki. Mungkin dengan cara itu hati nuraninya bisa tergerak.

3.Lihat bawaan pelaku

Sebaiknya anda lihat dulu situasi yang ada, apakah perampok membawa senjata atau tidak. Kemungkinan besar sebelum merampok, pelaku pasti sudah mempersiapkan senjata. Jika perampok membawa senjata sebaiknya jangan melawan, namun jika tidak ada tanda adanya senjata anda bisa melawan semampu anda.

4.Jadikan apa saja didekatmu sebagai senjata

Seperti yang sudah diuraikan di cara ke tiga sebaiknya untuk tidak melawan jika ia membawa senjata.namun coba perhatikan sekeliling mu apakah ada benda yang bisa dijadikan sebagai senjata darurat seperti kayu, besi, batu, ataupun benda lain. Lawan perampok tersebut dengan benda tersebut jika memungkinkan.

5.Sayangi nyawamu lebih dari benda berhargamu

Jika semua cara telah dilakukan namun tidak membawakan hasil, lebih baik serahkan saja barang yang diincar oleh perampok tersebut. Seberharga apapun benda yang anda miliki, tetap lebih prioritaskan nyawa anda. Jika nyawa sudah melayang, benda tersebut pun tidak akan ada harganya lagi, toh benda tersebut juga akan dibawa kabur oleh si perampok.(Augesti)