Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Monetize your website traffic with yX Media

Tidak Kalah Dengan Negara Lain, Hacker Indonesia Cukup Ditakuti

Dewasa kini hacker dipandang negative di sebagian kalangan masyarakat. Padahal awalnya kata hacker memiliki artian yang positif yang bermakna bahwa seseorang memiliki kemampuan komputer dan jaringan yang handal serta mampu membuat suatu sistem menjadi lebih baik dari pada sebelumnya. 


sangatlah berlawanan dengan pengertian hacker yang selama ini di ketahui oleh umum yang lebih di artikan sebagai suatu sosok yang jahat, kriminal, licik, sangat menyukai tantangan dan uang. Seorang hacker kini bahkan banyak di pekerjakan dengan bayaran yang tinggi untuk berbagai pekerjaan kotor.


Hacker terbagi atas dua jenis yaitu:


White Hat Hacker (Hacker) : Mereka bekerja untuk mengidentifikasi, menganalisa, dan memodifikasi suatu sistem komputer dan membangun sistem tersebut menjadi lebih baik secara legal atau sesuai aturan 



Black Hat Hacker (Cracker) : Mereka adalah para peretas yang banyak mengakibatkan kerugian untuk banyak pihak di karenakan oleh aksi-aksinya yang terbilang ilegal dan menyalahi aturan.

 

Di dalam setiap Negara, keberadaan hacker atau seseorang yang memiliki kemampuan komputer dan jaringan yang sangat bagus memang tak bisa di hindari. Bahkan di beberapa Negara, kemampuan seorang hacker itu sangatlah di butuhkan untuk mengantisipasi serangan-serangan yang di lancarkan oleh para cracker yang jahat. 

 

Faktanya tahukah anda walaupun Cina menempati urutan pertama jumlah hacker terbanyak di dunia, namun Indonesia juga memiliki para hacker yang cukup ditakuti di dunia. Di mata dunia, Hacker Indonesia dikenal berbahaya dan tidak akan segan-segan melakukan perilaku cybercrime untuk membobol sistem atau mencuri data. 

 

Apa saja sih yang membuat Hacker Indonesia begitu ditakuti dunia?

 

1. Pernah Peringkat Pertama Negara Dengan Hacker Terbanyak

 

pada tahun 2013, Negara Indonesia pernah menginjak peringkat pertama sebagai Negara dengan hacker terbanyak. Indonesia menempati jumlah persentase serangan cyber global sebanyak 38%, mengalahkan Cina yang hanya memiliki sebanyak 33% pada saat itu.

Meski kini dari tahun ke tahun jumlah hacker di Indonesia malah menjadi semakin sedikit, tetapi kita semua tahu bahwa Negara Indonesia juga merupakan salah satu Negara yang memiliki hacker-hacker terbaik dan terbanyak di dunia. 

 

2. Tidak Segan Membobol Situs Berbagai Negara

 

Beberapa negara pernah mendapat serangan dari hacker Indonesia salah satunya negara Amerika Serikat. Pada tahun 2013 Sebanyak 40 situs yang memiliki server di San Diego, Amerika Serikat menjadi sasaran hacker Indonesia. Aksi ini merupakan protes terhadap penyadapan yang dilakukan AS terhadap Indonesia. Selain Amerika, Sebanyak 116 situs-situs Malaysia juga pernah dirusak hacker Indonesia pada hari Kemerdekaan Malaysia 2009 lalu. Aksi ini dipengaruhi konflik yang sering menghiasi hubungan dua negara.

 

3. Hacker Berusia Muda


Fakta mengejutkan lainnya adalah bahwa ternyata banyak hacker Indonesia masih berusia muda. Sebut saja salah satunya Putra Aji Adhari sosok hacker berumur 15 tahun di Tangerang. Putra Aji mampu menembus ratusan situs yang memiliki keamanan ketat. Bahkan, dirinya berhasil menembus keamanan situs NASA milik Amerika Serikat. Ketika diuji coba untuk membobol sistem keamanan milik pemerintah.Hanya butuh waktu 3 menit bagi Putra untuk melakukannya.


Penulis: Augesti Geovani