Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

Ternyata Mandi Malam Tak Ada Kaitannya Dengan Rematik


Selama ini masyarakat meyakini bahwa mandi malam tidak baik untuk kesehatan. Bahaya mandi malam selama ini juga dikaitkan dengan munculnya gejala rematik, namun hal ini hanyalah mitos. Hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa sering mandi malam hari bisa menyebabkan rematik di kemudian hari.


Hanya saja, terkadang mandi malam hari dan menggunakan air dingin bisa membuat otot kaku. Hal ini pun lumrah dialami seseorang jika tidak kuat dingin. Namun pada kasus bagi penderita rematik memang lebih disarankan jika mandi malam sebaiknya menggunakan air hangat untuk mengurangi rasa sakit pada persendian.


Mandi malam juga bisa dilakukan oleh mereka yang banyak berkeringat pada siang harinya. Mandilah pada malam hari sebelum tidur atau cuci muka, ketiak dan kaki bila baunya kurang sedap. Mandi malam hari juga berperan dalam menjaga kebersihan kulit. Selain untuk menghalau bau badan, mandi malam juga ternyata dapat membantu anda untuk merasa lebih rileks dan tidur lebih nyenyak. Beberapa orang merasa lebih nyaman ketika mandi air hangat pada malam hari, namun anda bisa mandi dengan air biasa jika merasa lebih nyaman.


Jika menimbang manfaat dan bahaya mandi malam, beberapa pakar setuju bahwa manfaatnya lebih banyak dibandingkan bahaya mandi malam. Namun jika anda memiliki keluhan tertentu, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum membiasakan mandi pada malam hari untuk mencegah dampak bahaya mandi malam.


Namun meski tidak berbahaya, bukan berarti mandi malam disarankan untuk siapa saja. Bagi bayi sebaiknya mandi malam tidak dilakukan.


Para pakar meyakini bahwa bayi sangat rentan terhadap ketidakstabilan suhu pada tiga bulan pertama kehidupannya. Suhu dingin bisa menyebabkan hipotermia, yaitu kondisi ketika temperatur tubuh seseorang turun drastis hingga di bawah 35 derajat celcius. Bayi rentan mengalami hipotermia karena belum sempurnanya kemampuan tubuh untuk mengatur suhu. Segera cari bantuan medis bila sehabis terkena air dingin, bayi tampak bernapas dengan cepat, pucat, suhu tubuh dingin, gemetaran, dan terlihat kelelahan.


Oleh karena itu, dianjurkan untuk jangan memaksakan memandikan bayi pada malam hari. Jika bayi memang butuh dimandikan pada sore atau malam hari, gunakan air hangat bila suhu udara dingin. Setelah memandikan bayi, segera keringkan bayi dengan handuk dan baringkan di kasur yang hangat agar bayi dapat merasa nyaman setelah mandi dan bisa tidur nyenyak saat malam.


Penulis: Augesti Geovani