Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

Satu Meninggal Dunia dan Dua Luka Ringan Akibat Longsor Tasikmalaya


Jakarta – Tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat,  menewaskan satu orang warga dan  2 lainya mengalami luka-luka dalam peristiwa  bencana alam yang terjadi pada Senin 12 Oktober 2020 lalu,sekitar pukul 06.00 WIB.


Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati menjelaskan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya telah berhasil mengevakuasi korban dan memberikan pertolongan terhadap warga yang mengalami luka ringan. Personel BPBD memberikan pelayanan kepada warga yang masih mengungsi karena tanah longsor. Sekitar 16 KK atau 51 jiwa yang masih mengungsi.


"Sebanyak 361 KK terdampak banjir dan tanah longsor tersebut, sebagian besar warga telah kembali ke rumah masing-masing. Warga yang mengungsi merupakan mereka yang terdampak karena tanah longsor," kata Raditya, Kamis 15 oktober 2020.


Bencana banjir dan tanah longsor juga menimbulkan kerugian, antara lain 21 unit rumah rusak berat, 15 unit rumah rusak sedang, 1 unit rumah rusak ringan, sedangkan 1 rumah lain terancam longsor. 


Selain rumah, banjir dan tanah longsor yang terjadi juga merusak sejumlah infrastruktur umum,seperti tertutupnya  20 titik ruas jalan, 1 unit jembatan alami kerusakan berat, 1 unit sekolah, 1Unit paud rusak berat, 2 masjid rusak sedang. 


Sedangkan di sektor ekonomi, banjir dan longsor mengakibatkan dampak pada 75 petak kolam ikan, 15 ekor domba, 2.000 ekor ayam dan 15 ha lahan sawah.