Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Monetize your website traffic with yX Media

Rekor Dunia Yang Cuma Dimiliki Indonesia

Sebagai warga indonesia kita turut berbangga atas prestasi–prestasi indonesia yang telah diakui dunia. Hal ini dikarenakan indonesia memang punya keanekaragaman alam dan warisan kebudayaan. Maka tak heran jika kekayaan indonesia tercatat dalam rekor dunia seperti berikut:


1. Candi Borobudur



Negara indonesia dikenal sebagai negeri seribu candi. Julukan tersebut bermula  ketika candi borobudur terpilih sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia. "borobudur diakui secara resmi dengan nomor klaim 396-198 di Guinness World Records di London, Inggris, sebagai situs arkeologis Candi Buddha terbesar di dunia”. Candi Borobudur ini merupakan salah satu warisan sejarah yang masih ada dan berdiri kokoh hingga saat ini.  


Candi berbentuk stupa ini didirikan sekitar tahun ke 800 Masehi, oleh Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Bangunan untuk setiap Candi dibuat menggunakan batu vulkanik berkisar hingga dua juta batu. Saat memasuki Candi ini, terlihat relief yang terukir pada dinding atau batu candi yang masing-masing reliefnya memiliki arti. Keindahan Candi Borobudur ini tidak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia tapi juga sampai ke mancanegara baik itu untuk berwisata, belajar, ziarah, maupun sembahyang.


2. Bunga Rafflesia Arnoldii

Bunga raksasa ini pertama kali ditemukan oleh Rafflesia Arnoldii atau bernama lengkap Thomas Stanford Raffles pada tahun 1818 di Bengkulu. Kemudian bunga ini dinamakan Rafflesia Arnoldi. Saat bunga ini mekar diameternya mencapai 70 cm hingga 110 cm. Sedangkan ketinggiannya sekitar 50 cm dengan berat total sekitar 11 kg. Dengan ukurannya yang fantastis, Rafflesia Arnoldii dinobatkan sebagai bunga dengan diameter terlebar atau terbesar di dunia.


Spesies flora ini ini adalah tumbuhan berbunga tunggal dan tidak memiliki akar, batang dan daun. Rafflesia Arnoldii hidup sebagai parasit karena tidak mampu melakukan fotosintesis sendiri. Selain itu bunga ini juga mengeluarkan bau busuk seperti aroma bangkai yang sangat menyengat sehingga banyak yang menyebutnya bunga bangkai. Padahal, Rafflesia Arnoldii dan bunga bangkai adalah jenis yang berbeda. Lebih tepatnya bunga Rafflesia Arnoldii adalah Bunga Padma Raksasa.


 


3. Titan Arum


Indonesia tidak hanya punya satu, tapi dua tanaman bunga yang memecahkan rekor ukuran terbesar di dunia. Selain rafflesia arnoldi, ada amorphophallus titanum atau biasa disebut titan arum yang bunganya dinobatkan sebagai yang tertinggi di dunia. Titan arum adalah tumbuhan endemik sumatera dan merupakan bunga majemuk terbesar dan tertinggi di dunia. Pertama kali ditemukan oleh Odoardo Beccari, Botanis asal Florence, Italia, pada tahun 1878 di wilayah Sumatera Barat. Bunga Titan Arum punya ukuran yang luar biasa. Rekor tertinggi yang pernah tercatat adalah 3,1 meter.


Titan Arum memiliki beberapa persamaan dengan Rafflesia Arnoldi, keduanya sama-sama disebut bunga bangkai karena saat mekar bunganya akan mengeluarkan bau seperti daging busuk alias bangkai. Fungsi dari bau busuk itu untuk menarik perhatian lalat yang akan membantu penyerbukan bunga ini. Selain itu keduanya tergolong tumbuhan langka.  Hal itu karena perkembangbiakan tumbuhan ini sulit terjadi secara alami.


4. Pulau Simping



Terletak di Singkawang, Kalimantan Barat, pulau yang hanya memiliki dengan luas setengah hektare ini dinamai Pulau Simping atau dikenal juga sebagai Pulau Kelapa Dua. Pulau Simping sudah diakui PBB sebagai pulau terkecil di dunia.


Walau berukuran sangat kecil, pulau ini tetap memiliki pemandangan yang menawan dan dicari wisatawan. Pulau Simping juga merupakan pulau yang memiliki pantai indah dan perairan dangkal di sekitarnya.karena itulah, pulau simping menjadi destinasi yang cocok untuk berenang atau sekadar bermain air. Selain itu pulau ini juga cocok untuk menikmati panorama matahari terbenam.


 Penulis: Augesti Geovani