Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

One Year To Go Expo 2020: Kemendag Sambut Satu Tahun Jelang Expo 2020 Dubai


Jakarta – Expo 2020 Dubai merupakan momentum untuk mengingatkan kembali masyarakat dan menegaskan posisi Indonesia di kancah global sebagai upaya pemulihan pascapandemi Covid-19.

 

Perhelatan akbar yang sekiranya digelar dalam waktu dekat di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) tersebut harus disesuaikan karena pandemi Covid-19 menjadi 1 Oktober 2021 hingga 31 Maret 2022. Expo 2020 Dubai merupakan World Expo ke-34 dan akan mengusung tema “Connecting Minds, Creating the Future”.

 


Hal itu diutarakan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam konferensi pers bertajuk “One Year to Go Indonesia Pavilion at Expo 2020 Dubai” yang digelar secara virtual dari auditorium Kemendag, Jakarta,  Kamis 1 Oktober 2020 kemarin.

 

Turut hadir dalam acara tersebut Duta Besar UEA untuk Indonesia Abdullah Salem Obeid Al Dhaheri, Duta Besar RI untuk UEA Husin Bagis, dan perwakilan sponsor utama.

 

“Hari ini, kita bersama-sama menyambut “One Year To Go Expo 2020 Dubai”.Perhelatan tertua dan terbesar dunia ini tengah bersiap untuk membantu membentuk dunia pascapandemi dan menciptakan masa depan yang lebih baik,” jelas Mendag Agus.

 

Menurutnya, hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa partisipasi Indonesia pada Expo 2020 Dubai merupakan bagian dari upaya peningkatan promosi citra, perdagangan, pariwisata, dan investasi Indonesia, khususnya di wilayah Timur Tengah dan dunia pada umumnya.

 


“Presiden meminta kami untuk menangkap peluang promosi potensi ekonomi Indonesia melalui Expo 2020 Dubai. Ajang tersebut dapat dijadikan hub untuk membangun jembatan ekonomi dengan negara-negara di Timur Tengah dan Afrika sebagai emerging economy,” ujar Mendag.

 

Partisipasi Indonesia pada Expo 2020 Dubai, lanjut Mendag, merupakan wujud Indonesia Incorporated. Pemerintah dan pihak swasta bersama-sama bergandengan dan bahu-membahu mendukung kesuksesan partisipasi Indonesia pada gelaran tersebut.

 


PT Astra International Tbk merupakan pihak yang menyatakan dukungan kali pertama dalam keikutsertaan Indonesia pada Expo 2020 Dubai. Selanjutnya, dukungan lain datang dari PT Gajah Tunggal Tbk, Grup APRIL, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA). Chief of Corporate Affairs Astra International Riza Deliansyah mengatakan, Astra senantiasa berupaya memberikan manfaat untuk bangsa. Wujud nyata komitmen tersebut adalah dukungan Astra dalam World Expo 2020 Dubai.

 

“Astra hadir menjadi sponsor utama Paviliun Indonesia untuk ikut serta mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia. Pagelaran ini menjadi momentum Indonesia untuk membangun citra positif dan meningkatkan kesadaran dunia akan potensi Indonesia di bidang perdagangan, pariwisata, dan investasi,” kata Riza.

 

Sementara itu, Duta Besar UEA untuk Indonesia Abdullah Salem Obeid Al Dhaheri menekankan, partisipasi Indonesia di Expo 2020 Dubai sangat penting bagi UEA. Paviliun Indonesia diyakini dapat menjadi rumah bagi keberagaman dan inovasi. Selain itu, juga menjadi peluang menciptakan masa depan yang lebih baik dengan memadukan teknologi modern dan kearifan lokal.

 

Keunikan Desain Paviliun Indonesia Dalam acara tersebut, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Kasan juga menjelaskan, desain Paviliun Indonesia akan memadukan unsur futuristik dengan berbagai motif tradisional.

 

Paviliun Indonesia terletak di jalur utama yang strategis, yaitu di distrik Opportunity. Paviliun Indonesia dibangun dengan luas 3.000 m2 di atas lahan seluas 1.860 m2 .

 

“Paviliun Indonesia terdiri dari tiga lantai dan setiap lantainya memiliki cerita yang berbeda-beda, tapi saling terkait dan berkelanjutan. Semua dikemas menghibur, interaktif, dan futuristik. Paviliun ini menjadi wajah Indonesia masa depan berfondasikan berbagai inovasi, teknologi, dan tetap selaras dengan berbagai kearifan lokal bangsa,” papar Kasan.

 

Lantai pertama Paviliun Indonesia bertema “To Build World A New” memberikan gambaran tentang Indonesia dalam kemasan “Connecting Yesterday-Today-Tomorrow” dengan menampilkan sekilas sejarah, masa kini, dan masa depan Indonesia.

 

Lantai kedua menampilkan berbagai inovasi dan konsep Indonesia Emas 2045 bertema “Celebrating You, Me Together We Transform The Future”.

Selain menampilkan instalasi mutakhir, lantai ini juga memiliki studio bioskop layar lebar berkualitas tinggi untuk memutar film pendek mengenai bagaimana Indonesia menciptakan masa depan bervisi global dengan tetap berlandaskan kearifan lokal.

 

Pada akhir cerita di lantai dasar Paviliun Indonesia, pengunjung disajikan suasana yang kental dengan berbagai keragaman budaya, keramahan, dan kehangatan khas masyarakat Indonesia bertema “Welcome to Majestic Land of Diversity”.

 

“Dengan mengunjungi Paviliun Indonesia, pengunjung dapat merasakan ‘Home of Diversity, A Feeling of Tomorrow’ yang juga menjadi tema keseluruhan Paviliun Indonesia. Pengunjung juga dapat merasakan Indonesia sebagai rumah yang indah bagi seluruh manusia dari berbagai belahan dunia untuk dapat menikmati hidup, belajar, dan meningkatkan kualitas hidup menuju kebahagiaan. Rumah yang akan selalu menyambut dengan keramahan, kearifan lokal, serta inovasi untuk bersama menciptakan masa depan,” jelas Kasan.

 

Kasan juga menyampaikan harapannya agar sinergi, dukungan, dan kerja sama dari berbagai pihak, yaitu kementerian/lembaga, pemerintah daerah, pihak swasta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, asosiasi, media, serta seluruh masyarakat Indonesia dapat terus berjalan untuk lebih mempromosikan kehadiran Indonesia di perhelatan Expo 2020 Dubai.