Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

Nama Kuliner Nyeleneh Tapi Bikin Ketagihan

 



Sudah tidak heran lagi jika indonesia terkenal dengan beragam kulinernya yang khas. Rasa yang nikmat dengan rempah-rempahnya yang jarang ditemui di negara lain bahkan membuat kuliner indonesia sudah dikenal di mancanegara. Tapi selain rasanya yang nampol di lidah, nama kulinernya sendiri pun tak kalah unik karena beberapa diantaranya menggunakan nama yang nyeleneh dan membuat terheran-heran.


Apa aja, sih makanan yang namanya unik dan nyeleneh itu. Yuk simak di bawah sobat garuda!


1. ES DAWET JEMBUT KECABUT


Hayo pasti ngakak kan bacanya? Minuman bernama unik ini merupakan minuman khas purworejo. Jika dawet biasanya berwarna hijau namun dawet satu ini berwarna hitam. Tapi tenang warna hitam itu berasal dari bahan pewarna alami yakni dari jerami padi yang sudah dibakar dan dihaluskan abunya. Rasanya tidak perlu diragukan, rasa yang manis dari gula asli, dan kental nya santan membuat banyak orang berboyong-boyong untuk membelinya.


Sementar nama es dawet jembut kecabut ini meski berkonotasi negative, tapi jambut kecabut hanyalah berasal dari singkatan dari nama lokasinya yang berada di jembatan butuh (jembut) di kecamatan butuh (kecabut).


2. ES GAK BERES


Walau dinamakan es gak beres bukan berarti es ini dibuat dengan asal-asalan atau gak bener ya sobat. Minuman yang berasal dari kabupaten asahan, provinsi sumatera utara ini punya citarasa yang sungguh sangat luar biasa


Es gak beres mempunyai varian rasa buah, cokelat, tea, coffe, serta cake dan milkshake. Harganya juga murah, hanya merogoh kocek rp 5.000 saja kamu bisa mendapatkan satu bungkus es gak beres dan dijamin pasti ketagihan. Meski baru berada di pasaran sejak 2019, namun es gak beres sudah cukup terkenal di kawasan sumatera utara karena sudah banyak yang menjualnya seperti di medan, siantar, labuhan batu, dll.


 


3. NASI KENTUT


Namanya memang bikin gak selera, tapi makanan khas medan ini punya rasa yang lezat,. Dinamakan nasi kentut karena dimasak dengan daun kentut (paederia scandens) atau biasa dikenal orang jawa dengan nama daun kesembukan.


Meskipun daun ini berbau tidak sedap seperti kentut manusia, tetapi daun ini punya banyak khasiat. Mulai dari obat sariawan, mengatasi perut kembung, mengobati mata, hingga radang telinga. Biasanya nasi ini disajikan dengan ikan pepes, ayam gulung, tahu dan tempe sesuai selera.


4. MEMEK


Walaupun nama makanan ini bermakna saru atau jorok dalam bahasa prokem (slang) indonesia namun bagi masyarakat asli simeulue, aceh nama memek sendiri sebenarnya memiliki arti mengunyah atau menggigit. Rasanya yang khas dan lezat membuat memek menjadi salah satu makanan yang digemari disana.


Memek terbuat dari campuran pisang, beras ketan, santan, dan gula. Memek memiliki tampilan seperti bubur.  Terdapat dua jenis memek; yaitu "memek basah" dan "memek kering". Memek kering terbuat dari beras gongseng yang dicampur dengan kelapa parut dan gula, sementara memek basah juga dicampur dengan santan. Makanan khas aceh ini sudah ditetapkan sebagaiwarisan budaya tak benda (wbtb) pada tahun 2019.


Penulis: Augesti Geovani