Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Monetize your website traffic with yX Media

Meski Besar, Paus Biru Bahkan Tidak Bisa Menelan Makanan Seukuran Botol Minuman




Diketahui dari berbagai sumber ahwa binatang paling besar saat ini adalah paus biru (balaenoptera musculus), yang beratnya mencapai 130.000 kilogram dan panjangnya mencapai 30 meter. Dengan ukuran yang fantastis itu, tidak mengherankan jika hewan itu memiliki nafsu makan yang besar.


Namun pernahkah terlintas di benak anda dengan mulut besar nya yang menganga  saat akan menelan, hanya makanan berukuran kecil yang dapat ditelannya?


Paus biru hanya memakan krill hewan kecil yang menyerupai udang, namun terkadang mereka juga memakan copepoda spesies zooplankton. 


Jika disimpulkan makanan ikan paus biru berukuran sangat kecil, bahkan sangking kecilnya paus tidak bisa menelan bnda atau makanan lebih besar dari botol minuman.


Faktanya meski mulutnya yang sangat besar tidak didukung oleh tenggorokannya yang sangat kecil. Namun tidak bisa disangkal bahwa benda berukuran besar dapat masuk ke dalam mulut paus. 


Tapi tidak perlu khawatir karena jika itu adalah paus biru, benda tersebut bahkan tidak memasuki kerongkongannya dan paus akan memuntahkannya.


Lain cerita dengan paus bergigi seperti paus sperma dan paus pembunuh, yang bisa menelan mangsa besar, lebih besar dari manusia. Jika bisa aman melewati giginya yang tajam maka mangsa tersebut bisa dibawa ke sistem pencernaan paus. 



Penulis: Augesti Geovani