Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

Makanan Ini Bisa Atasi Dehidrasi


 

Kurangnya asupan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan Dehidrasi. Tidak hanya air yang dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Berbagai jenis buah dan sayur dapat memenuhi kebutuhan konsumsi cairan tubuh.


Kebutuhan 2 liter air sehari tidak hanya dapat dipenuhi dengan mengonsumsi air dan minuman lain. Sekitar 20% dari jumlah ini bisa didapatkan dari sayur-sayuran dan buah-buahan yang tinggi kandungan cairan dapat dikonsumsi untuk mengatasi dehidrasi.


Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh


Buah dan sayur tidak hanya mengandung kadar air yang tinggi tapi juga mineral, gula alami, vitamin dan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan-kandungan buah dan sayur inilah yang membuat tubuh menyerap dan menyimpan cairan lebih baik daripada hanya meminum air saja. Berikut ini adalah beberapa alternatif sumber cairan selain air untuk membantu mengatasi dehidrasi:



Belimbing



Sebagaimana tiga buah di atas, belimbing mengandung lebih dari 90% air. Selain dimakan sebagai buah potong, buah yang kaya antioksidan ini banyak ditemukan dalam rujak. Namun kandungan asam oksalat di dalamnya membuat belimbing sebaiknya tidak dikonsumsi pengidap gangguan ginjal.

Anggur



Selain menurunkan kadar kolesterol, buah anggur mengandung sekitar 90% cairan.


Semangka, pepaya dan melon



Sekitar 90% komposisi ketiga buah ini terdiri dari air. Fakta lain, semangka mengandung likopen yang bermanfaat melawan kanker. Diketahui jumlahnya lebih banyak dibandingkan tomat. Selain itu, semangka juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin C, vitamin A, Vitamin B5, mangan dan kalium.


Mentimun



Buah atau sayur mentimun yang sering menjadi komponen utama lalapan dan paduan dalam salad ini mengandung sekitar 96% cairan.


Stroberi



Semua buah kelompok beri ternyata baik untuk mencegah dehidrasi. Namun dari semuanya, stroberi merah adalah yang paling banyak mengandung cairan, yaitu sebanyak 91%.



Tomat



Memadukan tomat dalam salad atau sebagai bagian lalapan bisa membuat Anda mendapatkan cairan dalam kadar lebih dari 90% cairan.


Selada



Selada biasa diselipkan ke dalam sajian burger atau paduan sayuran lain sebagai pendamping makanan utama. Selada sangat tinggi kandungan cairan, mencapai 95%.



Selain buah-buahan dan sayur-sayuran di atas, terdapat sayuran lain yang juga memiliki kadar air cukup tinggi, seperti wortel, bayam, kol, sawi, dan brokoli. Sementara itu, minuman selain air mineral, seperti teh, kopi, dan minuman ringan mengandung soda justru bersifat diuretik. Minuman ini justru membuat ginjal menghasilkan lebih banyak urine, sehingga pada akhirnya cairan dari dalam tubuh berkurang.