Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

Langgar Prokes, Sejumlah THM dan Food Court di Medan Ditutup Paksa


Medan-Tim satgas covid -19 provinsi Sumatera Utara Minggu 4 Oktober 2020 dini hari kemarin menutup beberapa tempat hiburan malam yang melanggar protokol kesehatan.Bahkan dari beberapa tempat hiburan malam tersebut pengunjung duduk dengan jarak yang sangat dekat sambil berpesta miras.


Lokasi pertama yang menjadi target adalah sebuah Food Court di Jalan Kapten Muslim Medan, dilokasi ini tim Satgas  menemukan pengunjung yang padat tanpa mematuhi protokol kesehatan. Para pengunjung lokasi jajanan malam tersebut masih banyak yang tidak menggunaan masker sehingga petugas dengan tegas menutup paksa lokasi tersebut.


Di lokasi kedua petugas menuju ke Diskotik Krypton, diskotik ini juga disinyalir menjadi tempat peredaran narkoba.


Ketika petugas mendatangi diskotik ini para pengunjung tergesa gesa meninggalkan tempat huburan malam tersebut. Pemilik juga sempat bersikeras jika pihak nya sudah menerapkan protokol kesehatan, namun petugas justru menemukan pengunjung yang melebihi kapasitas.



Selanjutnya petugas menuju ke sebuah Bar di Jalan Abdullah lubis Medan. Disini Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Sumatera Utara Kolonel Infanteri Azhar Mulyadi sempat marah melihat kerumunan orang yang mengabaikan protokol kesehatan.


Parah nya lagi para pengunjung bar tersebut seperti tidak mengindahkan imbauan pemerintah tentang larangan berkumpul lebih dari lima orang.


Dari bar tersebut petugas memberi hukuman push up terhadap tiga orang pria yang tidak memakai masker. Selain itu petugas juga menyita beberapa botol minuman keras sebagai barang bukti.


“Tindak lanjut bentuk penegasan selama pandemic oleh bapak gubernur sehingga harus mewaspadai perkembangan pandemic yang ada. Kita lihat sampai tadi kita cukup prihatin tidak ada perhatian dan kekhususan pada masyarakat kita yang kurang paham,kurang mengerti dan khususnya para remaja yang perlu kita jaga bersama. Tempat tempat yang kita tutup tadi salah satunya adalah megapark,high park kemudian de tonga live music. Ini kita nyatakan ditutup mulai malam ini," ujar Azhar, Minggu 4 Oktober 2020.



Tidak berhenti sampai disitu, tim melanjutkan perjalanan ke sebuah Bar Rooftop di Jalan Sei Belutu Medan. Tim terpaksa membubarkan paksa acara ulang tahun yang tengah di gelar ditempat tersebut.


Lagi lagi ditempat hiburan yang beroperasi hingga menjelang subuh itu petugas mendapati adanya pelanggaran protokol kesehatan. Setelah dibubarkan,akhirnya petugas gabungan pun menutup sementara bar tersebut.


Kolonel Azhar Mulyadi selaku Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Sumut merasa sangat prihatin karena masih banyak masyarakat yang belum sadar dan para pelaku usaha yang tidak mau tahu meski sudah diberi peringatan.


"Saya berharap dengan adanya penutupan ini  tempat tempat yang lain juga akan segera ditutup mudah mudahan mereka dengan kesadaran dan masyarakat tidak mengunjungi," tambahnya.


Ia juga mengimbau warga Medan  utnutk menjaga diri jangan menjadikan kluster baru di tempat tempat itu karena dinilai sangat berbahaya. 


"Bentuk pelanggaran yang kita lihat pertama jumlah manusia yang ada dalam satu tempat tidak sesuai dengan lokasinya,itu yang pertama. Sehingga menimbulkan kerumunan dan keramaian tanpa memikirkan jarak, itu sangat prinsip bagi kita. Yang kedua untuk pelaku usaha tidak mau tahu walaupun sudah diingatkan dinas pariwisata kota medan dengan consensus semuanya ternayata dalam pelaksaan nya mereka masih mengabaikan,”terang Azhar.


Satgas covid-19 Sumut akan terus menindak tempat hiburan yang tidak mengindahkan himbauan pemerintah serta dengan sengaja mengumpulkan orang dengan jumlah yang banyak.


Reporter: Heri Kiswanto