Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

Hujan Picu Banjir di Seluma, 1 Jembatan Putus




Jakarta - Hujan dengan intensitas tinggi sejak pukul 15.00 WIB hingga 22.00 WIB, memicu terjadinya banjir di Desa Air Keruh, Kecamatan Ulu Talo, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Senin 5 Oktober 2020 kemarin.


Data kaji cepat yang dilakukan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma, sebanyak 525 jiwa terdampak banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) 20-60 sentimeter.


Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan, banjir juga dilaporkan telah memutus jembatan gantung penghubung antar desa. 


"Saat ini TRC BPBD Kabupaten Seluma masih melakukan koordinasi dengan aparat desa setempat dan instansi terkait untuk penangann banjir," Ujar Raditya, Selasa 6 Oktober 2020.


Selain itu jaringan telepon yang buruk, sehingga hal tersebut memperlambat koordinasi antar sejumlah pihak terkait.


Sebelumnya, menurut prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Bengkulu pada Senin 5 Oktober 2020 kemarin.


Melihat adanya dampak dari bencana yang dipicu oleh faktor cuaca dan hasil prakiraan cuaca dari BMKG tersebut, BNPB meminta agar pemangku kebijakan dan masyarakat di daerah dapat melakukan upaya mitigasi bencana dan segera mengambil tindakan yang dianggap perlu dalam kaitan pengurangan risiko bencana.