Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

GM Hairos Waterpark Jadi Tersangka Pelanggar Protokol Kesehatan


Medan - Hasil pemeriksaan terkait viralnya video party kolam renang di Hairos Waterpark, Polrestabes Medan kini menetapkan Manajer Umum wahana wisata air Edi Syahputra sebagai tersangka pelanggar protokol kesehatan. Jumat 2 Oktober 2020.

 

Penetapan tersangka tersebut akibat penyelenggaraan pesta di lokasi wahana bermain air Hairos yang tidak menerapkan protokol kesehatan, dan video acara tersebut tersebar luas di Media Sosial.


Wakapolrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji mengatakan,dari hasil introgasi yang dilakukan petugas kepolisian kepada manajemen, didapat sementara kesimpulan yang pertama kegiatan itu tidak ada mengajukan rekomendasi kepada gugus tugas.



"Saat kejadian itu, ada kelompok  yang berenang dengan tidak menggunakan protokol kesehatan, ada juga live DJ. Anggota melakukan pendalaman kepada pihak manajemen, dan mendapat jawaban jika acara tersebut diselenggarakan  dalam rangka diskon,"ujar Irsan.


Dari hasil pemeriksaan Polisi, awalnya pengelola menjual tiket yang semula seharga, Rp 45 ribu didiskon 50 persen menjadi Rp 22.500. Selain itu untuk mengundang pengunjung pihak pengelola memviralkan acara tersebut di Media Sosial, sehingga pengunjung berdatangan.


"Ini mereka viralkan melalui medsosnya, sehingga memancing  warga untuk datang," ungkap Irsan. 


Alasannya selama pandemi covid-19, omset mereka turun. Setelah didalamai, ini inisiatif dari menejemen, dari GM sendiri,"tambah Irsan.


Selanjutnya, dari hasil temuan di lapangan di lokasi tidak dilakukan pembatasan kepada pengunjung. 

"Jadi dibawah itu kolam renang, dia pakai mesin ombak, diatasnya ada DJ. Jadi ketika ada ombak terjadi, masyarakat berkumpul tidak ada jarak," jelasnya.


Saat acara berlangsung diikuti kurang lebih 2800 pengunjung, selain itu di lokasi  tidak dilakukan penyemprotan disinfektan secara rutin sehari 3 kali, namun pihak pengelola tidak melakukannya.


Akibat pelanggaran protokol kesehatan tersebut  Manajer Umum wahana wisata air Hairos Waterpark Edi Syahputra dikenakan Pasal 93 Jo Pasal 9 ayat 1 Undang-Undang RI nomor 6 Tahun 2018 tentang karantina kesehatan Jo Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 107 Menkes/382 Tahun 2020 tentang protokol kesehatan bagi masyarakat dan fasilitas mencegah COVID-19 dengan ancaman hukuman satu tahun penjara atau dendam 100 juta.


Sebelumnya, sebuah video pesta kolam di objek wisata Hairos Waterpark di Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deli Serdang viral di media sosial. 

 

Dalam video tersebut terlihat ribuan orang tampak berpesta dan berjoget di area kolam renang tanpa menerapkan protokol kesehatan COVID-19.