Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Film Bertema Karantina Buat Kamu Yang Lagi Karantina


Dunia perindustrian film memang tidak ada habisnya dalam menciptakan karya-karya terbaik untuk penontonnya. Tidak semua film itu karya fiksi, ada juga beberapa film yang diinspirasi dari kisah nyata, atau justru ada film yang seolah-olah meramal kejadian mendatang yang akan terjadi. 

Ketakutan kita yang saat ini tengah menghadapi wabah virus covid, juga tergambar di beberapa film yang akan garudapost rekomendasikan dengan bertema karantina. Seperti yang kebanyakan orang sedang jalani. Walaupun tidak sama persis dengan kisah yang dialami dewasa kini, namun digambarkan kurang lebih sama dengan yang ditampilkan di layar kaca.

1.     Contagion (2011)

 

Seperti halnya covid-19, film contagion (2011) juga menceritakan pandemi virus mev-1 yang masuk kategori penyakit pernapasan. Virus ini menular melalui butiran air liur yang dikeluarkan saat bersin atau batuk. Virus akan langsung menyebar ketika tetesan-tetesan air liur itu mengenai mata, hidung atau mulut seseorang.
Contagion bercerita tentang wabah yang berasal dari china dan menjadi masalah global. Sama seperti virus covid-19 yang berasal dari china tepatnya di kota wuhan. Akibat penularan yang tiada henti pada film ini yang memiliki kesamaan persis seperti sekarang ini, terjadi lockdown dan karantina bagi setiap orang.

 

2.   Alive (2020)

Dirilis di netflix september lalu. Film alive menceritakan tentang seorang gamer yang terpaksa di rumah saja selama wabah virus mengerikan melanda seoul. Sama kayak kita, dia harus berjuang keras untuk bertahan hidup di tengah lockdown. Perbedaannya, virus di dalam film mengubah orang-orang yang terinfeksi menjadi zombie

3.   Host (2020)

Host mungkin menjadi film bertema karantina yang paling menggambarkan tahun 2020. Berlatar selama lockdown covid-19, host mengikuti enam anak muda yang meminta bantuan cenayang untuk memanggil arwah lewat video call zoom.

Dirilis pada juli, film pendek berdurasi 56 menit tersebut hanya butuh waktu 3 bulan dalam proses penggarapannya, namun sutradara rob savage sangat jeli menangkap kecemasan kita selama terjebak di rumah.

 

 

4.   It comes at night (2017)

Dua keluarga terpaksa tinggal satu atap setelah selamat dari peristiwa apokaliptik. Mereka bekerja sama agar menangkal makhluk jahat masuk ke dalam rumah. Semakin lama mereka menyadari hal paling menakutkan sebenarnya adalah kemungkinan yang dapat terjadi di antara penghuni rumah. It comes at night menyentuh tribalisme, isolasi dan paranoia.

5.    Stay at home (2020)

Disutradarai oleh kenneth brown, film ini terbilang cukup singkat hanya berdurasi 15 menit stay at home akan memberimu kepanikan saat tinggal sendirian. Film pendek ini mempertontonkan lelaki yang menghadapi ketakutan akan isolasi. Tinggal sendirian, dia menerima kotak misterius berisi ancaman. Dia harus melakukan semua perintahnya dengan benar kalau enggak mau “melepas sisi jahat yang terpendam”. (Augesti)