Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

BOBOTA Robot Milik Polri Yang Mampu Mendeteksi Pelanggar Protokol Kesehatan.

 


Bojonegoro- Polres Bojonegoro ciptakan sebuah Robot yang mampu mendeteksi masyarakat pelanggar Protokol Kesehatan. 


Robot yang diberi nama BOBOTA ini merupakan singkatan dari “Robot Bojonegoro Tangguh", dan robot ini sudah siap untuk di terjunkan ke lapangan guna membantu Kepolisian dalam rangka mendukung operasi perubahan perilaku masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.


BOBOTA  memiliki berbagai fitur antara lain :


1. Kamera ALPR (Automatic License Plate Recognition)


Yaitu Kamera yang dapat mendeteksi tanda nomor kendaraan bermotor

secara otomatis, merekam, serta menyimpan data nomor kendaraan bermotor. Sehingga pendataan plat nomor kendaraan dapat dilakukan pada saat kegiatan patroli, dan dilengkapi alarm apabila ada nomor kendaraaan yang masuk dalam blacklist.


2. AI Camera (FaceMask Detection Alert)


Yang Menggunakan pemanfaatan AI (Artificial Intelligence) yang dapat mendeteksi setiap masyarakat yangtidak menggunakan masker dan dilengkapi dengan himbauan untuk penggunaan masker.


3. Video Call


Merupakan salah satu fitur untuk berkomunikasi 2 arah antara masyarakat dan petugas guna untuk meminimalisir kontak langsung. Announcement Speaker dilengkapi dengan 4 buah speaker yang dapat digunakan untuk memberikan pengumuman, himbauan, dan juga play audio.


Robot ini juga dilengkapi Mobile Traffic Light, yaitu modul lampu pengaturan lalu lintas 4 arah yang dilengkapi dengan extension ketinggian yang dapat di

sesuaikan dengan kebutuhan.


Untuk mengetahui tujuan arah tertentu, dipasang juga PTZ Camera 270? dan Camera 360? merupakan kamera yang dapat berputar baik 270? atau 360? . Serta jangkauan robot ini dapat dikontrol selama masih terkoneksi dengan jaringan internet.