Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bantu Covid-19, Dandim 0201/BS Bagikan Hand Sanitizer Dan Bibit Eucalyptus TPL di Penutupan TMMD 109

 





Medan - Komandan Kodim 0201/BS, menyerahkan 100 hand sanitizer berbahan minyak atsiri eucalyptus dan bubit tanaman eucalyptus pada Babinsa dan Kepala Lingkungan, dalam acara penutupan TMMD ke 109, di Kecamatan Medan Marelan, Medan, Sumatera Utara pada Rabu, 21 Oktober 2020. 


Distribusi Hand sanitizer ini sendiri bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi penyebaran Covid-19 di Kota Medan. Babinsa dan Kepala Lingkungan, merupakan garda terdepan pemerintah yang selalu berhubungan langsung dengan masyarakat, sehingga menjadi kelompok yang rentan.



Oleh karena itu Babinsa dan Kepala lingkungan, memerlukan Hand Sanitizer berbahan minyak atsiri eucalyptus yang dapat digunakan setiap saat ketika tidak ada sabun dan air mengalir di sekitar mereka setelah bersosialisasi dengan masyarakat.

Guna mendukung ketersediaan minyak atsiri eucalyptus tersebut, personil Kodim 0201/BS juga melakukan penanaman di kawasan pengerjaam fisik, di kawasannTanah 600 Marelan.  


Pengadaan Hand sanitizer dan bibit Eucalyptus ini merupakan hasil kerja sama PT TPL dengan pusat kajian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Universitas Sumatera Utara (Iptek USU) dan didistribusikan oleh UKM JBM Medan. 


Berdasarkan hasil penelitian Iptek USU,  Euchalyptus memiliki kandungan senyawa aktif 1,8- cineole (eucalyptol) yang mampu menekan pertumbuhan berbagai jenis virus, termasuk Covid-19 dalam skala 80-100 persen.


"Kita semua harus turut mengatasi pandemi covid-19 ini dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, yang salah satunya mencuci tangan dengan sabun atau cairan Hand Sanitizer, memakai masker dan menjaga jarak. Hand sanitizer berbahan dasar minyak atsiri eucalyptus menjadi pilihan yang cukup baik dan untuk ketersediaan bahan bakunya, maka bibit yang dutanam hari ini, harus dijaga dengan baik agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat ," ujar Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar, S.I.P, kepada wartawan selepas menyerahkan hasil TMMD ke-109 Kodim 0201/BS kepada Pemko Medan bertempat di Marelan Hall.




Sementara itu, Sekretaris UKM JBM Medan, M.Harizal menyebutkan, distribusi Hand Sanitizer berbahan minyak atsiri eucalyptus dan pembagian bibit tanaman eucalyptus, akan dilakukan secara berkesinambungan.


"Kami sangat berterima kasih pada Kodim 0201/BS dalam membantu Pendistribusian hand sanitizer berbahan minyak atsiri eucalyptus ini. Kegiatan akan terus dilakukan sebagai komitmen bersama dalam meminimalisir penyebaran Covid-19. Kami juga akan membuat produk turunan lain berbahan minyak atsiri eucalyptus yang nantinya juga dapat melibatkan masyarakat sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat," pungkas Harizal.


Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim 0201/BS resmi ditutup, Rabu 21 oktober 2020. Masyarakat di sekitar Kelurahan Tanah 600, Kecamatan Medan Marelan, sebagai lokasi sasaran fisik TMMD diharap menjaga fasilitas yang telah dibangun.