Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

Walau Punya Maag Kamu Bisa Tetap Makan-Makanan Yang Pedas




Tak dapat dipungkiri, rasa pedas memang menambah rasa nikmat pada makanan. Tanpa adanya rasa pedasdari cabai rasanya seperti ada yang kurang dalam saat menyantap hidangan. Selainitu Cabai adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan gizi. Cabai memiliki kadar vitaminC dan betakaroten (provitamin A) yang lebih tinggi daripada buah-buahan seperti jeruk, nanas, mangga, dan semangka.


Tapi bagaimana jika orang yang pencinta dengan rasa pedas memiliki penyakit maag? Dapatkah seseorang dengan riwayat penyakit maaf mengkonsumsi cabai?


Banyak sekali orang yang menganggap bahwa dengan makan makanan pedas dapat menyebabkan timbulnya sakit maag.Sampai saat ini belum ada studi yang menyebutkan pasti bahwa makanan pedas dapat menyebabkan sakit maag. Sebab Sakit maag tidak semuanya disebabkan adanya peningkatan dari asam lambung. Namun, yang pasti utamanya adalah disebabkan oleh adanya infeksi oleh bakteri yang disebut Helicobacter Pylori.


Makanan yang dapat memicu adanya sakit maag adalah sebagai berikut: 


1. Makanan yang digoreng


2. Makanan yang asam


3. Minuman keras


4. Minuman kopi dengan kafein yang tinggi


5. Kelebihan berat badan


6. Konsumsi obat-obatan tertentu misalnya obat anti radang seperti ibuprofen.



Namun memang bagi penderita maag lebih disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan pedas karena memiliki kandungan asam yang tinggi. Tetapi ada kasus dimana penderita sakit maag  yang baik-baik saja jika makan cabai. 

Tergantung dari ketahanan pencernaan masing-masing orang yang berbeda-beda. Dan juga diukur dari tingkat seberapa parahnya penyakit maag yang diderita. 

Meski demikian tetap saja jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang pedas baik itu yang memiliki riwayat penyakit lambung atau yang sehat sekalipun. 

Konsumsi lah secukupnya, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.


Penulis: Augesti Geovani