gtag('config', 'UA-171687211-1'); Ternyata Marathon Film Punya Efek Samping Bagi Kesehatan -->

Iklan Semua Halaman


.

Ternyata Marathon Film Punya Efek Samping Bagi Kesehatan

Sunday, September 13, 2020



Hari weekend membuat kita lebih asyik sambil bersantai dirumah, apalagi sambil mendengarkan musik ditemani dengan cemilan favorit atau marathon film kesukaan untuk menghabiskan waktu santai.

Kehadiran layanan streaming di zaman canggih sekarang, membuat kita tidak perlu terlalu lama lagi menunggu tayangan lanjutan flim favorit tersebut, cukup dengan berlangganan di berbagai platfrom kita bisa menikmati dengan sepuasnya. Hal ini membuat kita semakin mudah untuk menontonnya tanpa berhenti, sehingga menjadi kecanduan.

Ternyata menonton film secara non-stop ada efek sampingnya juga loh sobat, yang bisa menyebabkan kamu terkena efek buruk dari fenomena yang namanya binge watching. Nah, pasti kalian bertanya apasih binge watching itu?

Jadi, ketika kita sedang menonton, tanpa sadar otak akan melepaskan hormon dopamin yang membuat kita semakin merasa bahagia dan nyaman serta berujung kepada kepuasan. Semakin sering menonton, maka kadar dopamin di dalam tubuh kita akan semakin tinggi. Itu sebabnya, apabila ketika sudah menyelesaikan suatu film, semakin merasakan ketagihan untuk mendapatkan rasa senang, dan pada akhirnya melanjutkan ke episode selanjutnya.

Dilansir dari kompas.com (22/08/19), berikut beberapa efek samping yang disebabkan dari binge watchinguntuk kesehatan.

  •  Berat Badan Naik

Menonton film favorit dengan manis berjam-jam di depan televisi atau laptop, pasti akan lebih asyik sambil mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi. Jika, kalori dari tubuh yang tidak dihilangkan, maka menyebabkan tumpukan lemak yang membuat berat badanmu semakin bertambah sehingga bisa berisiko obesitas.

  •  Berisiko Penyakit Jantung dan Diabetes Tipe 2

Duduk sambil berjam-jam menonton film, dapat memiliki efek samping yang meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2 serta penyakit jantung. Pola hidup ini dinamakan sedenter (minim gerak) yang menyebabkan kalori atau kabohidrat yang bertumpuk di dalam tubuh tidak terbakar jika terus-terusan duduk dan jarang beraktivitas atau olahraga.

  • Berkurangnya Jumlah Sperma

Menonton film sudah menjadi hoby bagi wanita maupun pria. Efek samping bagi kaum pria yang ditimbulkan binge watching, yaitu berisiko kepada tingkat kesuburannya. Mungkin karena membuatnya duduk menetap sambil menatap layar, sehingga seseorang mengalami peningkatan suhu pada testis. Sebagai akibatnya, produksi sperma pun bisa menurun.

  • Kematian Dini

Dalam jurnal Asosiasi Jatung Amerika, membuktikan penelitian ini bahwa orang dewasa yang menonton film dengan menghabiskan waktu lebih dari tiga jam per harinya akan berisiko mengalami kematian dini.

  •  Memiliki Sifat Antisosial dan Perilaku Buruk

Tak hanya anak-anak saja yang mendapat mempengaruhi interaksi mereka, karena lebih sering mengahabiskan waktunya untuk menonton. Tetapi orang dewasa juga bisa loh sobat, mendapat pengaruh dari hubungan sosial yang bisa saja tidak peduli pada orang-orang sekitarnya, baik keluarga maupun teman mereka akibat keseringan menonton film. (Febrina Azura)