gtag('config', 'UA-171687211-1'); Ternyata Ini Rahasia Hemat Pangkal Kaya -->

Iklan Semua Halaman


 

.

Ternyata Ini Rahasia Hemat Pangkal Kaya

Saturday, September 12, 2020




Hemat pangkal kaya, adalah sebuah peribahasa yang sering kita dengar. Banyak yang setuju dengan peribahasa tersebut, namun tak banyak yang bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua orang menginginkan harta dan kekayaan, banyak yang bekerja mati-matian, usaha sana sini demi mendapat penghasilan yang cukup bahkan lebih.

Akan tetapi untuk menjadi kaya, kita harus mampu mengelola dan memanajemen keuangan kita, karena kerja keras saja tidaklah cukup.

Kita harus mampu menghemat segala keperluan kita, dalam hal ini hemat bukan berarti pelit, meskipun banyak orang yang berargumen bahwa hemat dan pelit itu beda tipis. 

Namun perlu kita ketahui bahwa hemat adalah hal cermat yang dilakukan oleh seseorang untuk membelanjakan uangnya dengan memperhatikan fungsi dari barang yang dibeli, sedangkan pelit adalah sifat buruk pada seseorang  yang cenderung sulit mengeluarkan uangnya, bahkan untuk fungsi penting sekalipun.

Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kamu memutuskan untuk menjadi orang yang hidup hemat, yakni menyesuaikan penghasilan dengan pengeluaran, konsisten dengan pengeluaran bulanan, mengutamakan kebutuhan daripada keinginan, dan menyisihkan uang untuk ditabung.

Menyesuaikan penghasilan dengan pengeluaran

Pernahkah kamu mendengar peribahasa “lebih besar pasak daripa tiang” Ya, peribahasa itu mengartikan seseorang yang memiliki pengeluaran yang lebih banyak dibandingkan penghasilannya. Nah, jika ingin menjadi orang yang hemat kamu harus menghindari hal seperti ini.

Usahakan menyesuaikan pengeluaran berdasarkan penghasilan yang kamu punya, agar semua kebutuhan kamu bisa tercukupi tanpa harus menimbulkan utang.


Konsisten dengan pengeluaran Bulanan

Yang dimaksud konsisten dalam hal ini adalah kamu harus menetapkan biaya kebutuhan bulanan kamu, dan menjadikannya sebuah acuan pengeluaran bulanan. Misalnya, bulan ini penghasilanmu satu juta rupiah, dan pengeluaran bulanan sebesar lima ratus ribu rupiah.

Maka ketika bulan depan kamu memiliki penghasilan  dua kali lipat dari sebelumnya, yakni dua juta rupiah, bukan berarti pengeluaran kamu juga menjadi dua kali lipat dari yang sebelumnya, namun tetap lima ratus ribu rupiah.

Mengutamakan kebutuhan daripada keinginan

Jika ingin membeli sesuatu, pertimbangkanlah terlebih dahulu mengenai fungsi barang tersebut, apakah itu kebutuhan atau hanya sebatas keinginan saja.

Menabung

Menabung juga bisa dikatakan pangkal kaya. Sisihkanlah sedikit uang yang kamu miliki untuk ditabung. Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit, bukan hanya peribahasa semata. Lakukanlah kegiatan menabung secara perlahan, sehingga menjadi kebiasaan. (Erisa Solin)