gtag('config', 'UA-171687211-1'); Terlalu Keras Berolaraga Membuat Rambut Menipis -->

Iklan Semua Halaman


.

Terlalu Keras Berolaraga Membuat Rambut Menipis

Sunday, September 13, 2020




Saitama merupakan seorang superhero dalam anime One-Punch. Dalam anime tersebut dirinya memiliki kekuatan yang sangat luar biasa, yang menghadapi musuh-musuhnya dengan sekali pukul ia berhasil mengalahkannya.

Dengan kekuatannya tersebut, Saitama melakukan beberapa latihan fisik yang cukup berat, sehingga membuat rambutnya rontok hingga kepalanya menjadi botak.Selain Saitama, pria asal China yang bernama Liu Liang juga mengalami hal yang sama dengannya.

Dilansir dari dream.com (03/9/20) yang dikutip dari World of Buzz, kejadian ini terjadi sejak dua tahun lalu, setelah Liu Liang melakukan latihan fisik yang cukup menguras tenaga, ia baru menyadari bahwa rambutnya menipis sebelum mempunyai bentuk tubuh yang diimpikannya.

Pria 24 tahun ini, mencari tahu penyakitnya dengan nememui dokter di Departemen Dermatologi Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Tiongkok Provinsi Hunan, yang bernama Dr. Zhang Yu.Setelah diperiksa oleh Dr. Zhang, Liu menderita suatu kondisi yang disebut androgenic alopecia.

Dari laman ojs.unud.ac.id, androgenic alopecia merupakan jenis penyakit yang paling sering terjadi terutama pada pria. Dr. Zhang, juga mengatakan saat berolahraga, produksi testosteron yang semakin meningkat, maka akan diubah menjadi dihirotestosteron. Saat dihirotestosteron meningkat, akan memicu androgenic alopecia yang menyebabkan terjadinya rambut rontok atau kebotakan.

Karena kondisi ini sangat meresahkan dirinya, sehingga dia memutuskan untuk beberapa waktu berhenti berolahraga dengan memperbaiki kesehatannya dengan rajin mengonsumsi obat tradisional dan sering melakukan pengobatan akupuntur. Akhirnya setelah menjalani beberapa rankaian pengobatan rambutnya tumbuh kembali.

Namun, dalam kurun waktu satu tahun ini, Liu mulai lagi berolahraga sehingga mengakibatkan rambutnya botak kembali. Untuk mengatasinya Liu memakai prosedur dengan menambahkan rambut ke bagian kulit kepala (Transplantasi Rambut). (Febrina Azura)