gtag('config', 'UA-171687211-1'); Sayangi Ginjal Anda, Kurangin Makanan Ini -->

Iklan Semua Halaman


.

Sayangi Ginjal Anda, Kurangin Makanan Ini

Saturday, September 5, 2020



Ginjal adalah salah satu organ utama manusia yang berfungsi penting bagi metabolisme, penyaring darah, mengatur keseimbangan elektrolit di dalam darah, serta mengontrol tekanan darah.

Semua makanan baik untuk kesehatan. Namun, ada beberapa makanan yang diketahui baik dan adapula yang dapat merusak sistem organ manusia karena mengonsumsinya secara berlebihan.

Dilansisr dari situs Alo Dokter, Jika Anda sering mengonsumsi makanan yang dapat merusak ginjal, maka akan menyebabkan gagal ginjal sehingga tidak berfungsi normal kembali.

Kurangin makanan-makanan berikut ini yang dapat merusak ginjal Anda:

• Makanan Tinggi Fosfor

Fosfor berfungsi untuk kesehatan tulang dan gigi. Akan tetapi, mengonsumsinya juga harus lebih diperhatikan, karena penelitian mengatakan jika mengonsumsi terlalu banyak dapat meningkatkan risiko mengalami penyakit ginjal.

Selain penyakit ginjal, Anda juga dapat menyebabkan penyakit perlemahan tulang dan jantung, jika mengonsumsinya secara berlebihan. Anjuran untuk mengonsumsi fosfor yaitu tidak lebih dari 1000 mg per harinya.

Makanan yang mengandung tinggi fosfor, seperti kacang-kacangan, daging dan jeroan, dark chocolate, ikan laut, sayuran, terutama bayam, kangkung, dan lobak serta olahan susu seperti keju.

• Makanan yang Mengandung Tinggi Gula

Mengonsumsi gula berlebihan akan membahaya kesehatan. Jika kebiasaan ini dikonsumsi secara terus-menerus dan tidak dihentikan maka bisa mengalami kerusakan ginjal.

Jika kadar gula berlebihan dan tidak akan terkontrol dapat mengalami komplikasi pada ginjal yang disebut nefropati diabetik. Hal inilah yang menyebabkan mengonsumsi makanan tinggi gula dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Mulailah Anda batasi mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, seperti es krim, cokelat, sereal, dan permen.

• Makanan yang Kelebihan Protein

Protein pada umumnya berfungsi untuk mengatur metabolisme pada jaringan tubuh.Namun jika mengonsumsinya dengan jumlah yang banyak, dapat menyebabkan merusak ginjal

Anjuran asupan perhari untuk mengonsumsi protein pada orang dewasa adalah 55-60 gr. Makanan yang terdapat protein tinggi, seperti telur, ikan, daging, kacang, bahkan keju dan yoghurt.

• Makanan yang Banyak Mengandung Garam (Natrium/Sodium)

Terlalu banyak mengonsumsi banyak garam, ginjal harus lebih bekerja keras untuk membuang natrium. Hal inilah yang harus dibatasi karena dapat menimbulkan tekanan darah yang tinggi dan menyebabkan gagal ginjal.

Makanan olahan yang tinggi sodium dan perlu Anda batasi, seperti ikan asin, kornet dan sosis. Sebelum kalian komsumsi sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kandungan natrium pada kemasannya dan sebaiknya pilih makanan yang memiliki rendah garam. (Febrina Azura)


Sumber: Jenis Makanan Penyebab Gagal Ginjal yang Perlu Dibatasi