Medan - Hari Pelanggan Nasional pertama kali dicanangkan
oleh Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri pada 4
September 2003.
Namun tahun ini menjadi momentum berbeda, karena jatuh di
tengah pandemi covid-19 melanda. Pandemi yang menyebabkan banyak usaha di
berbagai sektor terdampak, tidak terkecuali sektor penjualan BBM yang juga
mengalami penurunan.
“Tidak dipungkiri, untuk Provinsi Sumatera Utara saja, pada
masa awal pandemi covid-19, penjualan produk BBM Pertamina sempat turun, hingga
mencapai 28 persen,” ujar Unit Manager Comm. Rel. & CSR MOR I, M. Roby
Hervindo.
Akan tetapi, sejak masyarakat mulai memberlakukan adaptasi kenormalan
baru, serta dorongan semangat warga untuk berjuang menjalankan roda
perekonomian. Secara tidak langsung juga menyebabkan terjadi tren positif
pertumbuhan konsumsi BBM di wilayah Sumatera Utara, khususnya BBM berkualitas.
Berdasarkan catatan Pertamina, jika dibandingkan rerata
harian normal masa pandemi. Dalam beberapa bulan terakhir, tren peningkatan
konsumsi BBM berkualitas di Sumut terus mengalami peningkatan.
“Selama bulan Agustus, konsumsi BBM berkualitas jenis gasoline (bensin)
mengalami peningkatan, seperti Pertalite meningkat sebesar 11 persen, untuk Pertamax meningkat 19 persen, bahkan
untuk Pertamax Turbo melonjak signifikan sebesar 55 persen,” jelas Roby.
Sedangkan untuk Produk gasoil (diesel), peningkatan BBM
Berkualitas seperti Pertamina Dex, konsumsi rerata hariannya juga naik sebesar
34 persen, disusul dengan Dexlite yang naik sebesar 27 persen. Jika
dibandingkan rerata harian di masa pandemi.
“Hal ini juga mengindikasikan, selain adanya peningkatan
mobilitas kendaraan warga selama beberapa bulan terakhir, kesadaran warga Sumut
akan penggunaan BBM berkualitas yang ramah lingkungan juga meningkat,” lanjut
Roby.
Senada di sektor Elpiji, rerata konsumsi harian Bright gas
12 kilogram (kg) dan Bright gas 5,5 kg di wilayah Sumatera Utara pun
menunjukkan tren peningkatan. Jika dibandingkan saat pandemi, tercatat terjadi
peningkatan konsumsi sebesar 26 persen untuk Bright gas 12 kg, lalu terdapat
peningkatan sebesar 13 persen untuk Brightgas 5,5 kg selama bulan Agustus.
“Dengan beragam tren peningkatan penjualan produk BBM
berkualitas Pertamina tersebut, maka di hari pelanggan kali ini, serentak
dibeberapa wilayah seluruh Indonesia, akan kami berikan apresiasi langsung
kepada konsumen pelanggan Pertamina, berupa souvenir menarik,” kata Roby.
Di Kota Medan misalnya, terdapat beberapa SPBU yang
memberikan langsung souvenir menarik kepada pelnggan, salah satunya SPBU
14.201.1166 Singapore Station di Jalan Adam Malik.
Tidak cukup sampai disitu, selama periode September ini,
Pertamina juga memberikan cashback 30 persen untuk pembelian produk Pertamax
Series dan Pertamina Dex , cukup dengan menggunakan aplikasi My Pertamina.
“Dan untuk para emak-emak di rumah, jangan khawatir,
Pertamina juga memberikan diskon sebesar 123 ribu rupiah untuk penukaran tabung
LPG 3 kg, ke satu tabung Bright gas 5,5 kg, cukup dengan menghubungi call
center Pertamina 135 atau di nomer whatsapp 08111350135, ongkos kirim dijamin
gratis,” tutup Roby. (Zul)