gtag('config', 'UA-171687211-1'); Polisi Ungkap Penyeludupan Sabu Modus Pakai Kotak Susu -->

Iklan Semua Halaman


.

Polisi Ungkap Penyeludupan Sabu Modus Pakai Kotak Susu

Tuesday, September 1, 2020


Petugas Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Timur I bersama Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya  menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu seberat 6,5 kilogram melalui jalur laut.

Sabu-sabu yang disimpan di dalam kotak susu itu berasal dari Malaysia dengan tujuan pengiriman ke Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, kasus tersebut terungkap ketika petugas Bea Cukai mencurigai ada barang di dalam kontainer yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak pada 18 Agustus 2020 lalu.
Barang itu masuk ke Indonesia melalui jasa pengiriman.

Dilansir Viva, Barang dimaksud ialah sejumlah kotak susu merek terkenal yang ternyata setelah dibongkar berisi sabu-sabu seberat total 6,5 kilogram.

"Alamat barang ke Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura," kata Trunoyudo di Markas Polda Jatim di Surabaya pada Senin, 31 Agustus 2020.

Petugas Bea Cukai lalu berkoordinasi dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Barang dibiarkan dikirim ke alamat tujuan dan polisi bisa menguntit. Sampai di alamat yang tertulis di Banyuates, Sampang, barang diambil oleh dua orang kurir, yakni LF (19 tahun) dan HB (21), keduanya warga Mandeman, Kecamatan Banyuates.

"Alamat tujuan barang ternyata rumah kosong," ujar Trunoyudo.

Keduanya langsung ditangkap. Mereka dijerat dengan Pasal 114 Ayat (2) Subsider Pasal 113 Ayat (2) Lebih Subsider Pasal 112 Ayat (2) Juncto Pasal 132 Ayat (1) Undang-Undang Narkotika, dengan ancaman hukuman maksimal seumur hidup dan atau hukuman mati.

Dengan diungkapnya kasus tersebut, Polda Jatim berkomitmen untuk makin meningkatkan penegakan hukum dalam hal penyalahgunaan narkotika.

Jalur-jalur masuk narkotika jaringan internasional akan dipetakan, baik jalur udara maupun laut. Polda Jatim akan bentuk Kampung Tangguh Bebas Narkoba.


Foto:VIVA/Nur Faishal 
Sumber: Kotak Susu dari Malaysia Dikirim ke Madura Ternyata Isi Sabu 6,5 Kg