gtag('config', 'UA-171687211-1'); Perjalanan Pulang Lebih Cepat Dibandingkan Pergi, Ternyata Ada Efeknya Lho -->

Iklan Semua Halaman


.

Perjalanan Pulang Lebih Cepat Dibandingkan Pergi, Ternyata Ada Efeknya Lho

Friday, September 11, 2020




Ketika selesai beraktivitas dari semua pekerjaan dan hendak mau pulang. Pernah tidak kamu merasa ada yang berbeda saat sedang melakukan perjalanan pulang yang terasa lebih cepat dibandingkan perjalanan saat pergi?

Dilansir dari liputan6.com dalam Bright Side, ternyata hal ini memliki penjelasan secara sains. Para ilmuwan juga percaya bahwa ada “efek perjalanan pulang” yang dipengaruhi karena keakraban. Ketika kita sudah melewati jalan yang sama, maka akan menyadari lingkungan tersebut. Jadi, ketika hendak pulang, kita tidak terpengaruhi oleh perasaan waktu.

Namun, peristiwa ini bukan tentang mengukur waktu yang telah berlalu, tapi penilaian waktu yang kita rasakan berdasarkan ingatan kita. Karena selama di perjalanan, tidak merasakan perbedaan waktu yang sudah berlalu, ini alasannya mengapa perjalanan pulang kita lebih singkat dari perjalanan pergi.

Biasanya ketika pergi meninggalkan rumah kita lebih sering menjadwalkan pukul berapa kita harus sudah sampai di suatu tempat. Hal ini membuat rasa berharap kita berpikir bahwa waktu yang dibutuhkan lebih lama untuk pergi ke suatu tujuan, dibandingkan saat kita pulang. Oleh karena itu kita lebih sering melihat jam, sehingga bisa memberikan persepsi bahwa waktu yang berjalan lebih lama. (Febrina Azura)


Sumber :Sering Merasa Waktu Tempuh Pulang Lebih Cepat Daripada saat Pergi? Ini Penjelasannya