gtag('config', 'UA-171687211-1'); Minyak Atsiri Bahan Alami Untuk Antiseptik Covid-19 -->

Iklan Semua Halaman


 

.

Minyak Atsiri Bahan Alami Untuk Antiseptik Covid-19

Saturday, September 12, 2020



Medan - Banyak nya bahan-bahan alami (organik) yang bisa dijadikan produk  kesehatan, tak terkecuali serai wangi dan daun sirih.

Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Universitas Sumatera Utara (USU) lakukan transfer knowledge kepada mitra UMKM Yess dan warga Kelurahan Kota Maksum 3 filler adsorbent antiseptik alami.

Kali ini tim Abdimas USU melakukan pelatihan pemanfaatan limbah kulit telur yang selama ini terbuang percuma sebagai bahan air rebusan berkalsium, dengan serai wangi  sehingga menjadi minyak atsiri sebagai sumber antiseptik alami yang bermanfaat sebagai Filler  adsorbent antiseptik alami untuk antisipasi Corona Virus Disease 2019 (Covid -19) baik dari luar maupun dari dalam tubuh.

Tim Abdimas USU,  Muhammad Sontang Sihotang S.Si., M.Si., Ph.D mengatakan, Mitra UMKM Yess, merupakan usahawan inovasi berbasis kalsium, telah menjadi binaan tim Abdimas USU selama 2 tahun.

"Mitra telah di transfer  produk berkalsium sebelum ini, kali ini mitra di transfer tentang produk antisipasi Covid’19 dengan menggunakan tanaman serai wangi menjadi minyak atsiri berkalsium dari  tanaman para petani serai wangi di Kelambir lima, yang selama ini tidak laku terjual di pasaran (harga pasar sangat rendah).," kata  Sontang. Sabtu 12 September 2020.


Kasi Trantib Kecamatan Medan Kota,  Nayaruddin mengatakan,  dengan adanya kegiatan ini kedepannya tim Abdimas USU dapat terus bersinergi dengan pihak Kelurahan  untuk melakukan sejumlah pelatihan yang bermanfaat dan bisa berguna  di masyarakat dalam memenuhi keperluan hidup sehari-hari. Terlebih di masa pandemi Covid -19 saat ini.

"Selain itu, kita perlu terus tingkatkan daya tahan tubuh untuk melawan Covid ‘19," pesan Nayaruddin.

Pelatihan transfer knowledge juga diwarnai penyerahan Bilik Chamber beserta Filler adsorbent antiseptik alami dari bahan serai wangi dan daun sirih oleh tim Abdimas USU kepada BKM Masjid Thawalib Ustdz. Fachrizal kelurahan Kotamatsum III. (Heri)