gtag('config', 'UA-171687211-1'); Melirik Keindahan Kawah Putih Berdanau Biru Tinggi Raja -->

Iklan Semua Halaman


.

Melirik Keindahan Kawah Putih Berdanau Biru Tinggi Raja

Sunday, September 6, 2020


Sumatera Utara salah satu provinsi yang mempunyai aneka ragam keindahan obyek wisata dan terkenal diseluruh dunia. salah satu objek wisata yang selalu terniang diingataan masyarakat baik nasional maupun internasional, adalah wisata Danau Toba yang berada di Kabupaten Toba Samosir. Keindahan alam dan kekayaan budayanya membuat para turis manca negara tak bosan untuk kembali mengunjungi lokasi wisata tersebut.   

Namun ternyata Selain objek wisata Danau Toba, terdapat satu danau yang hingga kini juga menjadi perhatian bagi seluruh wisatawan, khususnya di luar provinsi Sumatera Utara.



Adalah Kawah Putih Berdanau Biru Tinggi Raja, biasa masyarakat mengenalnya dengan sebutan Kawah Putih Tinggi Raja. Jika di Jawa Barat mempunyai Kawah Putih Ciwidey, di Sumatera Utara tepatnya di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun terdapat wisata danau yang keindahannya tak kalah dengan Kawah Putih Ciwidey, dan Danau Toba.


Berada di tengah kawasan hutan pohon yang tinggi, membuat obyek wisata ini belum sangat dikenal. Kawah Putih Tinggi Raja yang memiliki danau berwarna biru terdapat cagar alam seluas 176 hektare dan memliki lahan kawah seluas 4 hektare bagai mutiara di dalam lumpur. Tidak dapat dipercaya di tengah-tengah lebatnya hutan dan jalan untuk menuju kawah putih  yang tidak begitu mulus, terdapat keindahan yang mengagumkan, pengunjung pun akan dibuat terpesona dengan keindahan bukit putih kapur dan aliran air panas yang keindahanya menyerupai putih salju. Tidak hanya itu air yang mengalir dari mata air dan panasnya mencapai 65 hingga 90 derajat celsius ini, membetuk danau dibawahnya yang mengeluarkan keindahan dua warna, yaitu warna biru dan kehijau hijauan.


Meski airnya tidak dapat dipakai mandi, namun lokasi ini memiliki pesona yang indah dan tidak menyesal untuk dikunjungi. Sementara untuk mencapai lokasi wisata ini ada dua alternatif lintasan yang dapat ditempuh,  yaitu :  
– Medan – Lubuk Pakam – Tebing Tinggi – Dolok Tinggi Raja, dengan jarak 110 km atau waktu tempuh 3 jam perjalanan. – Medan – Lubuk Pakam – Galang – Dolok Masihul – Dolok Tinggi Raja, dengan jarak 97 km atau waktu tempuh yang hampir sama dengan alternatif di atas. Bagi kamu yang berminat silahkan di coba ya. (Red)