Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

Masih Jadi Perbincangan, Apa Makna Anjay Sebenarnya?


Sejak ramai diperbincangkan pada Agustus lalu, kata “anjay” setelah Lutfi Agizal yang merupakan kekasih dari anak Iis Dahlia menyampaikan keresahannya. 


Dalam channel YouTube Deddy Corbuzier, Lutfi Agizal berpendapat bahwa kata anjay dapat merusak generasi bangsa dan berbahaya jika diucapkan.


Banyak pro dan kontra yang timbul setelah munculnya polemik “anjay” ini. Banyak yang beranggapan Lutfi terlalu  melebih-lebihkan, dan Netizen beranggapan bahwa lutfi menciptakan argumen ini lantaran menyindir aktor Rizky Billar yang paling sering menghunakan kata anjay dalam IG stories nya. 


Namun sebenarnya apa makna kata “anjay” sebenarnya sehingga  mampu merebut sebagian perhatian masyarakat di Indonesia ini? mari kita simak penjelasan mengenai kata “anjay” sesungguhnya.

Sama seperti kata “Baper” yang berasal dari akronim bawa perasaan, kata anjay disebut-sebut muncul sebagai sebuah plesetan dari hewan Anjing yang biasanya dipelihara.


Namun kata "anjay" memiliki makna postif dan negatif.


Makna Positif


Salah satu makna kata ini di kalangan anak muda digunakan sebagai kata pengganti ucapan salut dan makna kagum sebagai bentuk pujian serta tidak mengandung kekerasan dan bullying. 


Jika makna yang digunakan adalah makna positif maka tidak akan menimbulkan rasa sakit hati atau kerugian lainnya.


Makna Negatif


Jika kata Anjay digunakan untuk merendahkan martabat seseorang, maka istilah tersebut adalah salah satu bentuk kekerasan verbal dan dapat dilaporkan sebagai tindak pidana. Ini sesuai dengan UU RI No. 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak.


Tidak ada yang salah dengan penggunaan kata anjay, hanya saja dilihat dari perspektifnya saja. Oleh karena itu lebih berbijaklah dalam pemilihan kata agar tidak ada yang merasa dirugikan.


Penulis: Augesti Geovani