Advertisement

Monetize your website traffic with yX Media
KesehatanLifestyle

Manjur, Secara Alami Kulit Ikan Nila Mampu Sembuhkan Luka Bakar Pada Kulit

18 Sep 2020, September 18, 2020 WAT
Last Updated 2020-09-18T07:41:03Z

Mengobati luka bakar dari kulit memakan waktu yang lama, tapi berbeda di Brazil. Para dokter disana memakai kulit ikan nila sebagai obat untuk menyembuhkan luka bakar.


Teknik pengobatan luka bakar dari kulit ikan nila ini dikembangkan oleh para dokter di Brazil. Walupun terlihat aneh tapi para dokter yakin kalau trik ini bisa efektif mengobati luka bakar sekaligus menekan biaya pengobatan, seperti dilansir dari detik.com dalam Reuters.


“Perban dari kain kasa akan membuat pasien luka bakar merasakan sakit. Apalagi perban ini harus digantu secra berkala sehingga membuat pasien merasa lebih tersiksa serta luka bakarnya juga lebih lama,” kata Dokter Rumah Sakit Umum Brazil.


Memakai perban dari kain kasa membuat pasien mengeluhkan biaya yang terlalu mahal, sehingga para dokter mencari alterntif lain. Akhirnya menemukan ide dengan menggunakan kulit ikan nila untuk membalut luka bakar. Di Brazil pun, ikan nila berkembang sangat cepat yang membuat harganya murah.


Para ilmuwan di Universitas Federal Caera di Brazil juga telah menemukan bahwa kulit ikan nila membantu proses penyembuhan, mengandung kolagen, memiliki kelembaban, dan resistensi penyakit pada tingkat yang sebanding dengan kulit manusia. 


Di China, para peneliti menguji kulit ikan nila pada tikus sebagai percobannya untuk mempelajari sifat penyembuhannya, sedangkan di Brazil melakukan uji coba pertama kalinya kepada manusia.

Peneliti di Brazil, mengatakan pengobatan dengan kulit ikan nilai akan dapat mempercepat penyembuhan dalam beberapa hari dan mengurangi mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.


Namun, sebelum digunakan, kulit ikan nila tidak langsung dipakai dari ikan yang hidup ya sobat. Kulit ikan nila terlebih dahulu melakukan serangkaian proses di laboratorium agar streril dan aman saat dipakai langsung pada kulit yang terkena luka bakar.


Menurut Antonio Janio, ketika dirinya mengalami luka bakar di lengannya akibat kebocoran gas solder saat bekerja, ia menggunakan pengobatan dengan kulit ikan nila yang membuat luka bakarnya sembuh lebih cepat.


Penulis :Febrina Azura


Sumber: Obati Luka Bakar Dengan Kulit Ikan Jadi Tren Pengobatan Alami

TrendingMore