gtag('config', 'UA-171687211-1'); Layaknya CPNS, Air Juga Punya Syarat Untuk Dikatakan Sehat -->

Iklan Semua Halaman


.

Layaknya CPNS, Air Juga Punya Syarat Untuk Dikatakan Sehat

Thursday, September 10, 2020


Tubuh manusia terdiri dari 80% air, sehingga tak ayal jika kita setiap harinya tubuh kita sangat membutuhkan asupan air. Air memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, seperti menjaga cairan tubuh, membatu kinerja fisik agar tetap maksimal, membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Coba kita bayangkan apabila tidak ada air yang bisa kita minum, apa yang akan terjadi ? Ya.. tentu saja kita tidak bisa bertahan hidup.

Agar proses metabolisme berjalan dengan baik dan tubuh kita menjadi sehat, tentunya dibutuhkan air yang bersih dan sehat pula. Lalu, sebenarnya seperti apa kualifikasi air yang dapat dikatakan bersih dan sehat ?

Layaknya seorang CPNS yang ingin tes kesehatan, ia harus memenuhi berbagai syarat, sama halnya dengan air dapat dikatakan bersih dan sehat jika memenuhi syarat fisik, syarat kimia, dan syarat mikrobiologi.

• Syarat Fisik

Syarat fisik yang dimaksud adalah air harus jernih (tidak berwarna), tidak berasa, dan tidak berbau.

• Syarat Mikrobiologi

Air tidak dapat dikatakan bersih dan sehat jika tidak melalui syarat mikrobiologi, yakni dalam air tidak boleh terkandung bakteri, apalagi jenis bakteri coli. Karena bakteri coli sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

• Syarat Kimia

Ketika air sudah memenuhi syarat fisik dan mikrobiologi, maka syarat trakhir yang harus dilewati adalah syarat kimia. Air akan lolos syarat ini jika air tidak mengandung racun atau bahan-bahan kimia berbahaya.

Jika ingin mendapatkan air yang bersih, kamu bisa memperhatikan ketiga syarat di atas, dan untuk memastikan air yang kamu minum bebas dari kuman, sebaiknya rebus dahulu hingga air mendidih (100 derajat celcius), karena kuman-kuman tidak dapat bertahan di suhu yang panas.(Erisa Solin)