gtag('config', 'UA-171687211-1'); Karyawan Percetakan Nekat Bisnis Cetak KTP Palsu Karena Sepi Orderan -->

Iklan Semua Halaman


.

Karyawan Percetakan Nekat Bisnis Cetak KTP Palsu Karena Sepi Orderan

Saturday, September 12, 2020


Petugas kepolisian dari Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Utara mengungkap kasus sindikat pembuat kartu tanda penduduk (KTP) palsu di kawasan Cakung Cilincing, Jakarta Utara, Jumat, 11 September kemarin.

Dari pengungkapan tersebut, polisi menangkap lima orang tersangka lengkap dengan barang bukti komputer dan alat cetak.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Sudjarwoko, mengatakan, pengungkapan berawal dari  informasi adanya sekelompok orang yang menyediakan jasa pembuatan KTP di kawasan Cilincing, Jakarta Utara.

Selanjutnya, polisi melakukan penyelidikan ke lokasi kejadian. Polisi kemudian melakukan pemesanan pembuatan KTP palsu tersebut untuk memancing respons para pelaku.

“Kami pancing dengan anggota melakukan pemesanan, ternyata para tersangka ini menyanggupi, langsung kami lakukan penangkapan,” ujar Sudjarwoko seperti dilansir viva.co.id, Jumat, 11 September 2020.

Para pelaku ini mampu membuat kartu KTP yang sangat mirip dengan yang asli dalam jangka waktu satu minggu sudah jadi.

Para pelaku ini memang bekerja sebagai teknisi percetakan. Sepinya orderan percetakan saat pandemi C0VID-19 ini membuat para pelaku nekat membuat KTP palsu sesuai pesanan guna mendapat tambahan penghasilan.

Kini, lima pelaku dengan masing-masing inisial DWM, C, A, MS, dan IS telah diboyong ke mapolres untuk menjalani proses hukum, para pelaku dikenai pasal pemalsuan surat-surat dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Sedangkan dua pelaku lagi masih dalam proses pengejaran.

Foto: VIVA/Andrew Tito
Sumber: Sepi Orderan akibat Corona, Karyawan Percetakan Berbisnis KTP Palsu