Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

Kampung Kubur Medan Bebenah, Perwakilan Kemensos Beri Dukungan

Medan- Mulai bebenahnya Kampung Kubur di Jalan Haji Zainul Arifin Medan, ternyata mendapat respon positif dari berbagai kalangan, salah satunya datang dari Perwakilan Kementerian Sosial yang memberi dukungannya pada Minggu 27 September 2020.


Perwakilan Kementerian Sosial, Agustina Kaban, menjelaskan jika ia  datang dengan sengaja ke Kampung Kubur untuk memberikan sufort dan menampung aspirasi warga.


"Saya datang kesini bukan tugas dari Kementerian Sosial, meski saat ini saya bekerja di Kemensos, saya sekali bisa hadir disini, dan disambut baik oleh warga, karena kegiatan masyarakat ini semuanya positif dan kegiatan positif yang bisa dilakukan secara sederhana dengan duduk bersama, dan pertemuan ini menjadi berkah, dan bermanfaat sehingga apa yang diharapkan warga untuk membenahi Kampung Kubur menjadi kampung yang kreatif dan inovatif," Jelas Agustina.

Lanjutnya, ia akan membantu semampunya untuk memanfaatkan dana pemerintah untuk membangun Kampung Kubur, dengan membentuk Karang Taruna, karena wadah ini sudah ada.


Salah satu pemuda setempat, Akbar menjelaskan sejumlah program yang akan dilakukan oleh masyarakat kampung kubur, untuk merubah pandangan yang selama ini negatif  menjadi postif. 


 "Diataranya program rutin yakni gotong royong, selanjutnya program jangka menengah, yakni menjadikan kampung kubur bersih dari sampah dengan membentuk petugas kebersihan yang nantinya para warga sendiri diperdayakan untuk ditugaskan sebagai petugas kebersihan, serta mengembangkan UMKM sebagai sumber mata pencaharian dan mengalihkan para pengguna dan bandar narkoba ketempat yang positif," Jelas Akbar.


Sementara itu Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Imran Amry  mengatakan, ide untuk bebenahnya Kampung Kubur sebenarnya sudah lama direncanakan. Dengan bangkitnya semangat masyarakat setempat untuk membenahi Kampung Kubur, nantinya Kampung Kubur tidak lagi dipandang sebelah mata.


" Semua program dan ide ide itu sudah ada sejak lama, namun tidak ada sufort dari pemerintah daerah dan semuanya hanya dianggap seremonial, hal ini yang menimbulkan kegelisahan dari sejumlah warga yang tinggal di kampung kubur, untuk bergerak membenahi kampung kubur, sehingga kampung kubur tidak dipandang sebelah mata oleh masyarakat luar, dan berharap kampung kubur menjadi kampung yang kreatif dan inovatif,"kata Imran.


Salahsatu program jangka panjang, yakni membuat taman baca, untuk anak anak yang bertujuan kedepannya agar para generasi muda yang putus sekolah dapat melanjutkan pendidikan nya dengan mengejar paket, hal ini dilakukan agar seluruh warga dapat melanjutkan pendidikan nya dan bekerja diluar dengan adanya izazah," Ketua Karangtaruna Arfan.