Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

Ini Pesan Wabup Sergai Kepada Petani Untuk Contoh Pertanian Di Jepang



Dolok Masihul- Wakil Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya serahkan 20 bantuan Hand Spreyer dan 1 unit Cultivator pada acara peletakan baru pertama pembangunan gudang dan bengkel Alsintan milik kelompok tani Kecamatan Dolok Masihul, di Dusun I Desa Kerapuh Kecamatan Dolok Masihul, Rabu 17 September kemarin.

Darma Wijaya menjelaskan bahwa apa yang sudah ada dan dimiliki bersama hendaknya harus dijaga dengan baik, sebab jika  ingin menggunakan kembali maka fungsi dari alat tersebut masih sama dengan sebelumnya.

"Seperti pada hari ini,  pembangunan gudang yang disertai bengkel Alsintan akan bisa lebih menjaga ketahanan dan kualitas dari setiap barang yang dimiliki, sebab didalam gudang ini juga nantinya akan mendapatkan sebuah perawatan bagi barang yang tersebut, jadi lebih terjaga kualitasnya," kata Darma. 

Dalam dunia pertanian, Darma Wijaya menekankan bahwa pentingnya meruba pola fikir setiap petani.



"Kebanyakan dari petani kita selalu beranggapan bahwa lahan yang lebar, maka hasilnya besar serta sebaliknya lahan yang sempit maka hasil pun kecil. Nah, pola seperti ini harus dapat kita rubah, agar petani lebih dapat meningkatkan hasil," ujar Darma.

Melihat kondisi Pertanian di Negara Jepang, dalam satu musim dapat menghasilkan 12 ton per hektarnya, sedangkan di Indonesia khususnya Serdang Bedagai, dalam setiap musimnya hanya meksimal menghasilkan 6 ton per hektar, oleh sebab itu pentingnya pola baru dalam Pertanian Khususnya Padi.

Selain dari itu, peran penting dari para penyuluh pertanian dan perkebunan sangat dibutuhkan dalam mensukseskan setiap target hasil panen yang memuaskan, bahkan menghasilkan untung yang berlipat.

Saat ini, perkebunan kelapa sawit juga mengalami lonjakan harga, pada situasi ini, penyuluh perkebunan juga harus dapat mengambil peranannya.

Usai menerima bantuan Cultivator, Ketua Kelompok Tani Holtikultura Kecamatan Dolok Masihul. Alpian Purba (50) menyampaikan ucapan terimakasih kepada Wabup Sergai H Darma Wijaya yang telah memberikan bantuannya kepada para kelompok tani di Kecamatan Dolok Masihul

"Semoga dengan diberikannya bantuan berupa alat pertanian ini, dapat menjadikan hasil pertanian dari kelompok tani Kecamatan Dolok Masihul menjadi jauh lebih baik lagi," ucap Apian, Jumat 18 September 2020. (Balo)