Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

Ini Dia Ternyata Manfaat Sering Kentut




Membuang angin atau sering dikenal dengan kentut merupakan hal yang memalukan jika angin yang keluar dari tubuh kita tanpa disengaja, sehingga terdengar suara yang berpontensi mengeluarkan aroma yang tidak sedap.


Banyak orang tidak tahu ternyata aroma yang keluar tersebut mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan. “Kentut bisa memberi tahu tentang kesehatan pencernaan kita," kata Kelly Jones MS, RD, CSSD, LDN, dari Kelly Jones Nutrition, seperti dilansir dari kompas.com dalam Men'sHealth.


Sangat normal jika seseorang kentut dalam beberapa kali dalam sehari. Sementara itu, bagi orang yang jarang kentut malah dapat mengakibatkan ragam saluran bakteri pencernaan bagian bawah yang lebih sedikit.


Secara umum, bakteri di usus beragam dan penting untuk kesehatan, termasuk peningkatan suasana hati dan kinerja kebugaran, menjaga kekebalan tubuh yang lebih baik, hingga kesehatan jantung.


Oleh karena itu, jika kamu sering kentut. Inilah beberapa manfaat yang didapat untuk kesehatan.


Membuat Usus Sehat

Membuang angin dapat membuat usus menurunkan risiko komplikasi pada usus besar untuk yang akan datang. Sebab kentut adalah sebuah gas yang dapat membatasi motilitas usus, yang menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan, dan sembelit. Jadi, biarkan saja gas tersebut keluar dari tubuh kita secara teratur agar nyaman. 


Mengaja Komsumsi Makanan

Bukan berarti kalau kentut secara sering itu harus sepanjang hari ya. Jadi, harus seimbang. Jangan terlalu sering dan jangan terlalu jarang pula.


“Jika kita secara rutin mengeluarkan gas dan berbau busuk, itu mungkin mengindikasikan bahwa makanan kita terlalu tinggi protein, gula, atau lemak jenuh, dibandingkan karbohidrat sehat dan lemak nabati,” kata Jones.


Tetapi, itu juga merupakan hasil dari makanan sehat, seperti telur yang kaya sulfur atau brokoli. Jika kamu jarang mengasup makanan yang kaya sulfur dan kentut sangat bau, maka cobalah perhatikan kembali dalam menyeimbangkan jumlah protein yang kamu konsumsi.


Mengidentifikasi Toleransi Makanan

Suatu ketika pernah tidak kamu merasakan sulit buang angin, sehingga menyebabkan angin tersebut berkumpul didalam tubuh kamu atau menyebabkan kembung yang menyakitkan?


Faktor yang menyebabkan perut kamu tidak nyaman karena bakteri di usus sedang menyesuaikan dengan makanan baru saat organisme ini memfermentasi karbohidrat. Maka dari itu pahamilah terlebih dahulu suatu makanan tersebut sebelum mengonsumsinya.


Jones mengatakan, seringkali, konsumsi makanan-makanan ini secara lebih teratur selama beberapa minggu mengarah pada keseimbangan bakteri yang lebih sehat dan produksi gas yang lebih sedikit,


Tapi, jika bukan itu yang menyebabkan kamu kembung sehingga merasa tidak nyaman serta ternggagu aroma gas yang tidak sedap, cobalah konsultasi ke dokter tentang kondisi kesehatanmu.


Penulis: Febrina Azura


Sumber:Sering Kentut Ternyata Banyak Manfaatnya