gtag('config', 'UA-171687211-1'); Di Masa Depan Robot Jadi Teman Untuk Mengusir Sepi -->

Iklan Semua Halaman


 

.

Di Masa Depan Robot Jadi Teman Untuk Mengusir Sepi

Sunday, September 13, 2020




Hasil penelitian dari University of Bedfordshire, Inggris, mengungkap ternyata sebuah robot bisa membuat manusia tidak kesepian, dan mengatasi gangguan kecemasan.

Penelitian ini menyelidiki penggunaan robot untuk merawat orang tua. Dikatakan, jika studi tersebut merupakan yang terbesar secara global.

"Kesehatan mental yang buruk dan kesepian adalah masalah kesehatan yang signifikan, dan kami menunjukkan jika robot bisa membantu mengatasinya," kata pemimpin penelitian itu, Chris Papadopoulos, dikutip dari laman Sputnik, dan dilansir viva.co.id, Jumat 11 September 2020.

Robot disiapkan untuk menanggapi kebutuhan dan preferensi budaya khusus orang tua. Hasil penelitian menunjukkan dampak positif, namun skalanya belum terlalu besar.

Dari penelitian juga ditemukan, ada sisi negatif menggunakan robot sebagai perawat, yaitu keterbatasan pada percakapan. Tapi menurut para peneliti, hal ini bisa dikembangkan lebih lanjut di masa depan.

Peneliti lainnya, Irena Papadopoulos mengatakan jika robot juga bisa bekerja di bawah tekanan ketimbang staf perawat. Sebagai informasi, jumlah orang tua di Inggris cukup banyak, yaitu 15 ribu orang dengan usia di atas 100 tahun.

Menurut dia, kehadiran robot bukan sebagai pengganti perawat manusia. Namun bisa mendukung sistem perawatan yang ada.

"Tidak ada pembicaraan soal menggantikan manusia. Evaluasi penelitian menunjukkan kami masih jauh dari itu, namun ini juga mengungkapkan robot bisa mendukung sistem perawatan yang ada," ungkapnya.


Sumber: Kamu Gak Bakal Kesepian Lagi di Masa Depan