gtag('config', 'UA-171687211-1'); Bikin Prihatin, Bocah Menangis Saat Belajar Daring Karena Tak Mengerti -->

Iklan Semua Halaman


.

Bikin Prihatin, Bocah Menangis Saat Belajar Daring Karena Tak Mengerti

Thursday, September 10, 2020





Akibat Covid-19, pemerintah meminta untuk menerapkan social distancing termasuk WFH (Work From Home) dan hal yang lebih memprihatinkan lagi adalah kondisi dari pendidikan. Untuk sebagian sekolah dan universitas masih tetap melanjutkan proses belajar mengajar tetapi mengubah sistemnya dari tatap muka menjadi tatap layar.

Ada baiknya semua elemen pendidikan bersatu membangun pendidikan di Indonesia menjadi pendidikan yang maju. Dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih, serta apikasi yang muncul seiring perkembangan zaman di era yang berkembang saat ini.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak di bidang pendidikan, yaitu melalui strategi pembelajaran secara jarak jauh (online). Pembelajaran secara online selain menimbulkan tekanan secara fisik dan mental bagi guru, dosen, maupun para pelajar dan mahasiswa bahkan orang tua, serta sekolah juga sulit membuat tolak ukur capaian pembelajaran.

Paling menyedihkan lagi adalah bagi anak-anak yang duduk di bangku TK dan sekolah dasar (SD) yang melakukan belajar secara online. Aktivitas dan tatap muka dengan guru pada usia tersebut sangat dibutuhkan, bukan hanya untuk kebutuhan akademik, tetapi juga perkembangan pengetahuan dan keterampilannya.

Dilansir dari dream.co.id, seperti seorang anak asal Sharpsburg, Gerogia, Amerika Serikat yang merasa sulitnya belajar secara daring di rumah, bagi anak usia 5 tahun. Ibunya, Jana Coombs melihat dari jauh putranya yang bernama Ezra menangis tersedu, saat sedang belajar huruf ‘A’ melalui tatap layar bersama gurunya. Air matanya keluar dengan deras dan menggunakan bajunya dia menghapus air matanya.

Sambil memeluknya dan bertanya mengapa menangis. Ezra menjawab kalau dia tak mengerti dengan materi yang disampaikan gurunya melalui tatap layar.

"Ini menghancurkan hati saya. Setelah mengambil foto itu, saya memanggilnya, kami duduk di lantai, kami berpelukan dan menangis bersama. Saya mengatakan kepadanya, 'Tidak apa-apa. Kami akan melalui ini'," ungkap Jana, dalam Good Morning America. (Febrina Azura)


Sumber: Bikin Sedih, Foto Viral Bocah Menangis Saat Belajar Online