gtag('config', 'UA-171687211-1'); 1 Penumpang Positif Covid-19, Ratusan Penumpang KM Sabuk Nusantara 34, Jalani Karantina Di Atas Kapal -->

Iklan Semua Halaman


.

1 Penumpang Positif Covid-19, Ratusan Penumpang KM Sabuk Nusantara 34, Jalani Karantina Di Atas Kapal

Saturday, September 5, 2020


Maluku-Sebanyak 248 penumpang Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 34 kini nasibnya  terkatung katung di Pelabuhan Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar Maluku.

Seluruh penumpang kapal yang berasal dari kota Ambon ini, tidak izinkan turun dan pulang ke rumah masing masing, menyusul salah satu penumpangnya positif terpapar Covid-19

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Tanimbar melarang para penumpang kapal tersebut turun,  karena dikhawatirkan seluruh penumpang kapal ini terkena suspek corona.

Saat ini para penumpang KM Sabuk Nusantara 34 harus menjalani karantina di atas kapal, sambil menunggu hasil uji swab terhadap seluruh penumpang sebelum diizinkan pulang ke
rumah masing masing.

Dilansir dari Malukunews.co,Sabtu 5 September 2020, Sekda Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Ruben Moriolkosu, terlihat turun ke pelabuhan untuk menenangkan ratusan penumpang itu. Sekda Ruben terlihat dengan bersabar mendengarkan keluhan dari ratusan penumpang ini.

Sementara itu salah seorang penumpang Telda Rahmawaty mengatakan  karantina di atas kapal dikeluhkan oleh ratusan penumpang ini, terlebih kurangnya fasilitas kapal yang dijadikan tempat karantina seperti  air bersih dan ketersediaan makanan.

"Kita pingin turun dari kapal, alasannya kapal tidak memadai untuk tempat tinggal, karena air susah ada,  dan kebutuhan diatas kapal sudah tidak ada," kata Telda.

Para penumpang juga meminta kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Tanimbar, agar karantina dilakukan di atas pelabuhan, ini disebabkan penumpang kapal kebanyakan anak anak dan lanjut usia.


KM Sabuk Nusantara 34 ini berlayar dari Ambon tujuan Tual, Larat dan Saumlaki, namun dalam perjalanan dilakukan hasil uji swab atas salah satu penumpang, terkonfirmasi positif Covid-19.

Sesampai di pelabuhan Saumlaki, petugas langsung mengevakuasi penumpang tersebut ke Rumah Sakit Margarety untuk diambil tindakan lebih lanjut.