gtag('config', 'UA-171687211-1'); Wow ! Bermodalkan Koran Bekas Bisa Jadi Jutawan -->

Iklan Semua Halaman


 

.

Wow ! Bermodalkan Koran Bekas Bisa Jadi Jutawan

Sunday, August 30, 2020

Jika biasanya Koran bekas akan dibuang begitu saja atau dijadikan sebagai pembungkus makanan, berbeda dengan seorang pengrajin  di galeri J-Art  Jalan Umar,  Kota Medan, Sumatera Utara.  Di galeri ini, seorang perajin yang bernama Faisal Walad, mendaur ulang kertas koran bekas menjadi boneka tradisional yang bernilai  ratusan ribu rupiah per pasangnya.

Pria  yang memulai usahanya sejak dua tahun lalu itu, membuat miniatur dari bahan koran bekas yang dibentuk menjadi boneka tradisional.

Hasil karya buatan Faisal terdiri dari boneka pakaian adat tradisional dari sejumlah suku yang ada di Sumatera Utara  seperti Melayu,  Batak Toba,  Simalungun, Karo, dan Jawa.
Selain membuat boneka tradisional,  terkadang perajin ini juga membuat miniatur dengan bentuk yang sesuai selera dari si pemesan, seperti boneka berbentuk unik yang bisa dipajang di sudut ruangan.

Produk  kreatif miniatur ini sudah mendapatkan sejumlah pengakuan dari lembaga terkait, sebagai salah satu produk u-m-k-m yang bernilai tinggi serta ramah lingkungan,  dan sudah dipamerkan ke sejumlah provinsi yang ada di indonesia hingga ke pulau bali.

Ide kreatif untuk membuat kerajinan tangan yang dipadu dengan seni melukis ini, didapat sejak dirinya mengajarkan kesenian serupa  kepada anaknya, untuk memanfaatkan kertas koran menjadi mainan, yang mirip seperti seni origami ala masyarakat jepang.

Sepasang boneka tradisional yang dimasukkan dalam kotak kaca khusus ini, dijual dengan nilai ekonomi yang tinggi yaitu seharga 300 sampai 400 ribu rupiah, sesuai besar kecilnya ukuran boneka.

Produkl kereatif ini dipasarkan secara offline dan online, dan juga dipasarkan ke perusahaan maupun instansi pemerintah untuk dijadikan cinderamata khas dari pihak yang memesan. (Erisa Solin)