gtag('config', 'UA-171687211-1'); Ratusan Hektare Tanaman Padi Rusak Di Deli Serdang Diterpa Hujan Dan Angin Kencang -->

Iklan Semua Halaman


.

Ratusan Hektare Tanaman Padi Rusak Di Deli Serdang Diterpa Hujan Dan Angin Kencang

Friday, August 14, 2020



Deli Serdang- Ratusan hektare lahan tanaman padi siap panen , di lima Kecamatan di Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, sejak Kamis(13/08/20) dini hari  kemarin tumbang diterpa angin kencang, kerugian petani mencapai ratusan juta rupiah.

Lima kecamatan yang lahan tanaman padinya tumbang diterpa angin masing masing  Kecamatan Tanjung Morawa, Kecamatan Beringin,  Kecamatan Percut Seituan,  Kecamatan Pantai Labu serta Kecamatan Lubuk Pakam.


Foto: Zulpan Balo

Kecamatan terparah terkena terjangan angin kencang di Kecamatan Tanjung Morawa Desa Wonosari,  di kecamatan ini sedikitnya dua ratus hektare lahan tanaman padi milik warga tumbang diterpa angin.

Foto: Zulpan Balo


Salah seorang  petani Manahan Sitorus mengatakan,  tanaman padinya yang telah siap panen tumbang akibat diterpa hujan dan  angin kencang . Untuk menghindari kerugian lebih besar , para petani terpaksa mendatangkan pekerja dari daerah lain untuk mengikat padi yang tumbang dengan biaya seratus ribu rupiah perhari,  sementara sebahagian petani lebih memilik memanen hasil tanaman padi walau harganya akan lebih murah.

Foto: Zulpan Balo


"Untuk mengurahi kerugian lebih besar , ya terpaksa membayar orang  untuk mengikat padi  dengan biaya seratus ribu rupiah perhari, di Desa Wonosari ada ratusan hektare lahan tanaman padi tumabang diterpa angin dan hujan," ujarnya.Jumat(14/08/20).

Hingga saat ini para petani belum mendapat bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang, petani berharap pihak Dinas Pertanian segera turun kelokasi dan melihat lahan tanaman padi yang rusak serta memberikan solusi jalan keluar agar petani tidak mengalami kerugian lebih besar. (Balo)