gtag('config', 'UA-171687211-1'); Menkeu: Stabilitas Sistem Keuangan Aman tapi Kewaspadaan Tetap Tinggi -->

Iklan Semua Halaman


.

Menkeu: Stabilitas Sistem Keuangan Aman tapi Kewaspadaan Tetap Tinggi

Thursday, August 6, 2020

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, stabilitas sistem keuangan pada kuartal-II tahun ini masih terjaga meskipun kewaspadaan terhadap dampak pandemi Covid-19 tetap ditingkatkan. Penilaian bahwa tabilitas keuangan nasional masih terjaga merupakan hasil forum Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang dilaksanakan pada 29 Juli.

“Stabilitas sistem keuangan pada kuartal-II periode April, Mei, Juni dalam kondisi normal meskipun kewaspadaan ditingkatkan,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8).

Sri Mulyani menyebut, kewaspadaan terhadap dampak pandemi Covid-19 masih tinggi. Hal itu terlihat dari beberapa lembaga internasional yang merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia di 2020.

Sri Mulyani memaparkan, IMF merevisi proyeksi ekonomi global menjadi -4,9 persen, World Bank (Bank Dunia) merevisi menjadi -5,2 persen, dan OECD merevisi di rentang -6 persen sampai -7,6 persen.

“Kita melihat pandemi telah mengakibatkan pertumbuhan ekonomi baik global maupun nasional mengalami kontraksi serta koreksi pada perekonomian global maupun nasional mulai terlihat terutama pada kuartal-II ini,” tutur mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu. Seperti dilansir dari jawapos.com.