Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kampung KB Sigapiton Menuju Desa Wisata Di Zona Otorita Pariwisata Danau Toba



Toba - Gencarnya pembangungan desa wisata di kawasan Kaldera Toba, Kabupaten Toba, Sumatera Utara,  Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) terus melakukan berbagai upaya agar pebangunan dan sumber daya masyrakat yang berada di sekitar kawasan tersebut siap dengan rencana pemerintah, dalam membangun kawasan Danau Toba menjadi salah satau destinasi wisata terbesar,  dan mampu menarik wisatawan manca negara maupun lokal.

Salah satunya adalah mempersiapkan desa wisata,  satu dari tiga desa tersebut adalah Desa Sigapiton.




Desa Sigapiton yang berada di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, merupakan salah satu Kampung Keluarga Berencana  dengan luas 5,0 km².






Dengan jumlah penduduk lebih kurang 600 jiwa, Desa Sigapiton  akan disulap menjadi satu dari desa yang berpotensi menjadi desa wisata dalam pengembangan kawasan Kaldera Toba.

Salah satu upaya untuk membangkitkan gairah wisata dan persiapan menuju desa wisata, BPODT bekerjasama dengan sejumlah Sanggar Tari setempat untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan khusus kepada masyarakat terkait akan dijadikannya desa mereka menjadi salah satu desa wisata. 



Saat ini masyarakat  di desa Sigapiton kembali bangkit  untuk kembali belajar tarian tradisional khas Suku Toba yakni Tari Tor Tor, yang kini keberadaannya nyaris ditelan zaman.

Dengan merangkul masyarakat setempat dari berbagai kalangan,  baik  yang muda hingga yang tua, Tari Tor Tor kini menjadi kegiatan rutin bagi masyarakat desa Sigapiton.

Intruktur tari  dari Sanggar Dolok Sipiak,  Corry Paroma br Panjaitan mengatakan , adanya  kerjasama dengan BPODT, diharapkan masyarakat di desa Sip]agiton kembali bergairah berlatih tarian khas Suku Toba tersebut, dan menjadi kegiatan rutin yang terjadwal, untuk pengembangan desa wisata. 

"Ini ada tiga desa yang kita latih, ini kita di Sigapiton dan ada Sanggar Dalihan Natolu, kita melatih anak anak, bahkan anak remaja  dan orang tua juga ada,  jadi orang orang dewasanya juga ada karena mereka minta ikut juga.  Tujuan kita melatih mereka adalah agar mereka bisa menciptakan destinasi wisata di sini juga , yakni destinasi wisata budaya, jadi mereka bisa menampilkan atraksi,  dan sanggar itu nanti bisa memberikan Tari Tor Tor," kata Corry, Kamis(27/08).

Selain itu, masyarakat  bisa menampilkan  musik tradisionalnya dan paduan suara yang nantinya akan diramu menjadi satu pertunjukan bagi wisatawan yang berkunjung ke desa Sigapiton.



Sementara itu, kehadiran sanggar tari ini menjadi salah satu wadah masyarakat untuk kembali membangkitkan kejayaan Tari Tor Tor di zaman era digitial saat ini.

Kepala desa Sigapiton Hisar Sibutar Butar menyambut baik dengan rencana pemerintah untuk menjadikan desa Sigapiton ini, terlebih desa ini menjadi salah satu desa wisata dan masuk ke dalam zona otorita Danau Toba yakni kawasan Kaldera Toba.

"Bahwa program program  yang mau disampaikan pemerintah di desa Sigapiton, mudah mudahan ya terlaksana terutama dibidang kesenian atau adat Tor Tor yang mulai pudar di masyarakat kita, jadi dengan kedatangannya dari pariwisata di Sigapiton, mudah mudahan  anak anak kita mengerti dan cinta dengan  budayanya sendiri," ucap Hisar.


Tim Ahli Bidang SDM BPODT  Dedy Siregar  menjelaskan sebagai pelaksana pembangunan kawasan Kaldera Toba,  saat ini terus melakukan berbagai upaya untuk secepatnya membangun 3 desa kini ditetapkan sebagai desa wisata yang berada di zona otorita pariwisata Danau Toba.

"Pengembangan sumber daya manusia, nanti kita ada pok darwis sebenarnya dari pemeerintah itu ada3 ya untuk desa wisata ya, ada tiga pihak yang bener bener tekait  yang pertama itu dari desanya, yang kedua itu dari Bumdes yang ketiga dari Pok Darwis, ini saling bersinergi untuk memajukan wisata di desa," jelas Dedy.



Dua desa lainya  yang akan dijadikan desa wisata  yakni Desa Motung dan Desa Perdamaian Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba.

Dengan pembangunan zona otorita ini dipastikan akan menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, dan  destinasi wisata tersebut adalah The Kaldera Toba Nomadic Escape.