Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BPODT Kembangkan 3 Desa Wisata di Lahan Zona Otorita Toba




Toba- Untuk mempercepat  pengembangan kawasan Toba Caldera Resort (TCR) terus dilanjutkan. Meski sebelumnya pengembangan sempat terhambat karena pandemik COVID-19.

BPODT  juga mengembangkan desa yang memiliki potensi pariwisata  di lahan zona otorita.

Direktur Destinasi BPODT Tata Syafaat Ridwanullah menjelaskan jika dalam pengembangan TCR, pihaknya tetap mengedepankan prinsip aksesibilitas, amenitas dan atraksi atau yang sering disebut 3A.

Ada tiga desa yang akan dijadikan desa wisata. Mulai dari Desa Motung, Pardamean Sibisa hingga Sigapiton yang sudah mulai lebih dulu.

“Kami tidak hanya membangun senidiri di atas. Desa-desa di sekitar tidak akan kami tinggalkan. Teman-teman dari Motung sedang kami buatkan masterplan desa wisatanya, teman teman Desa Pardamean Sibisa, sedang kami buatkan masterplan desa wisatanya. Artinya tiga ini memang penyangga kami. Kalau ini tidak baik, artinya kami gagal,” ujar Tata, Kamis (26/08)

Penggarapan pengembangan desa wisata ini pun perlahan digarap lintas kementerian dan lembaga. Salah satu yang sudah mulai terlihat adalah di Desa Sigapiton.

Letak geografisnya sangat mendukung. Sesuai namanya, Sigapiton diapit diantara dua bukit tinggi yang di atasnya terdapat The Kaldera Toba Nomadic Escape yang dikelola BPODT. Membuat desa ini tampak eksotis.

Di desa Sigapiton akan dibangun dermaga agar turis bisa merasa nyaman saat berwisata ke Sigapiton. Termasuk peremajaan sejumlah rumah adat Batak yang sudah tua sebagai daya tarik wisatawan.

“Mudah-mudahan pembangunan akan masif di Desa Sigapiton tahun depan,” ujar Tata.


Tata pun menjelaskan bahwa pembangunan desa wisata di TCR sangatlah penting. Desa-desa ini yang nantinya juga akan terlibat dalam pengembangan pariwisata Toba. Kawasan TCR akan dibangun seperti di Nusa Dua Bali.

Berbagai fasilitas akan dibangun di sana. Mulai dari hotel, MICE
, rumah sakit dan lainnya.

 “Kita ingin pembangunan pariwisata berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.